Timika (ANTARA News Papua)  - Penjabat Sekda Mimika, Provinsi Papua, Marthen Paiding mendorong percepatan penyerapan APBD Induk Mimika dengan memerintahkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membentuk dan menunjuk pejabat terkait pelaksanaan kegiatan baik langsung maupun melalui sistem lelang.

"Diharapkan kepada seluruh pimpinan dan pejabat di masing-masing OPD untuk segera bekerja sesuai tugas dan tanggung jawab yang ada, sesuai dengan dokumen penggunaan anggaran yang telah dibagikan," kata Marthen ketika memimpin apel Aparatur Sipil Negara di kantor Sentra Pemerintah, Timika, Senin.

Secara khusus terkait kegiatan yang melalui proses lelang, Marthen mengimbau agar pegawai masing-masing OPD yang dipercayakan agar selalu berkoordinasi dengan bagian Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) sehingga kegiatan dimaksud segera masuk dalam rencana umum pengadaan.

"Pimpinan OPD harus berusaha agar DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) segera dijalankan," ujarnya.

Sementara itu khusus untuk program dan kegiatan yang bersumber dari dana alokasi khusus, Marthen berharap agar sudah berjalan sejak awal Januari. Untuk itu, kata Marthen, tidak ada alasan baginya bahwa kegiatan DAK (Dana Alokasi Khusus) terlambat.

"Tentu dalam pelaksanaan kegiatan diharapkan untuk selalu berkoordinasi dengan pimpinan masing-masing termasuk dalam hal ini koordinasi pimpinan OPD dengan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng," ujarnya.

Sementara itu Bupati Mimika Eltinus Omaleng sedang tidak berada di tempat karena sedang menjalani pengobatan.

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024