Jayapura (ANTARA) - Personel dari Yonif 725/WRG dan Yonif 126/KC menggelar olahraga bersama warga di Provinsi Papua, guna menjalin keakraban dan hubungan yang baik sesama prajurit TNI yang sedang melaksanakan tugas sebagai satuan tugas (satgas) pengamanan perbatasan (pamtas) RI-Papua Nugini (PNG).

Komandan Pos (Danpos) Kout Arsotami Lettu (Kav) Pawit ketika dihubungi dari Kota Jayapura mengatakan olahraga bersama itu digelar di Kampung Workwana, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua.

"Setelah melaksanakan apel pagi, personel Pos Kout Arsotami Yonif 725/WRG melaksanakan lari pagi menuju pos tetangga, yaitu Pos Workwana Yonif 126/Kala Cakti," katanya.

Dalam olahraga bersama itu, kata dia, sebanyak 10 personel Pos Kout Arsotami Yonif 725/WRG yang dilibatkan.

"Olahraga bersama ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kekompakan antara personil satuan tugas yang ada di wilayah Papua.," katanya.

Selain melakukan tugas pengamanan, kata dia, anggota Satgas Yonif 725/WRG berupaya untuk melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat kampung melalui berbagai kegiatan, seperti halnya kegiatan olahraga bersama yang dilakukan di Kampung Workwana.

"Kita laksanakan kegiatan ini dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara satuan tugas yang ada di wilayah Papua, supaya ke depannya apabila ada kegiatan atau permasalahan kita bisa saling bantu membantu", ujarnya.

Untuk mengisi waktu senggang pada sore hari, kata dia, beberapa personel Satgas Yonif 725/Woroagi Pos Asrotami juga menyempatkan olahraga bersama masyarakat kampung setempat.

"Terlihat keakraban anggota Pos Kout yang berbaur dengan masyarakat, melakukan kegiatan olahraga bersama dan tidak ada sekat sedikitpun serta menunjukan rasa kebersamaan yang telah terbentuk," katanya.

Menurut Letnan Pawit kegiatan olahraga bersama itu di samping menghibur diri juga untuk menumbuhkan tali persaudaraan dengan masyarakat, untuk menjalin kedekatan dan kekompakan antara personel satgas dengan warga masyarakat.

"Saat ini yang kami lakukan ialah untuk 'refreshing' setelah beberapa hari disibukkan dengan aktivitas, sekalian mengajak warga masyarakat untuk berolahraga," katanya,

Selain sebagai sarana hiburan dan anjangsana, olahraga juga untuk menjaga kebugaran fisik bagi personel Satgas Yonif 725/WRG.

Diharapkan juga ke depan dapat memotivasi masyarakat untuk terus berolahraga bersama, serta mengajak hidup sehat dengan berolahraga.

“Olahraga bersama juga termasuk kegiatan dari non fisik, dan melalui olahraga bersama kita wujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat,” demikian Pawit, yang juga abintal Satgas Yonif 725/WRG.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024