Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua menargetkan 49.344 anak di bawah usia 15 tahun mendapat vaksin polio untuk pencegahan terhadap penyakit lumpuh bagi mereka di wilayah paling timur Indonesia itu.

"Pemberian vaksin polio kepada anak-anak berusia 0 tahun hingga 15 tahun di Kabupaten Biak untuk menjaga bebas penyakit polio, ya ini harus menjadi komitmen bersama semua elemen masyarakat menjaga anak-anak Biak," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Ruslan Epid di Biak, Sabtu.

Ia menyebutkan pelaksanaan Pekan Imunisasasi Nasional (PIN) berlangsung serentak mulai 18-25 April 2019 di 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua.

Ia mengatakan pemberian imunisasi kepada anak sebagai proses untuk membuat seseorang kebal terhadap suatu penyakit.

Pemberian imunisasi vaksin polio, kata Ruslan, untuk membangun kekebalan tubuh anak dari suatu penyakit karena tubuh akan membentuk antibodi dalam kadar tertentu.

"Agar antibodi tersebut terbentuk, maka anak-anak Biak harus diberikan vaksin polio, ya ini bentuk pencegahan nyata Pemkab Biak Numfor dalam upaya menjaga wilayah Biak tetap bebas penyakit polio," kata Ruslan Epid.


Ia mengharapkan peran orang tua, para guru, kepala sekolah, dan petugas layanan kesehatan di puskesmas untuk mendukung program pemberian vaksin polio untuk anak-anak di Kabupaten Biak Numfor.

Berdasarkan data pada 2018, Kabupaten Biak Numfor mendapat penghargaan Kementerian Kesehatan karena telah berhasil melaksanakan program pemberian vaksin Measless Rubella Polio (MRP) untuk mencegah anak-anak diserang penyakit campak dan rubela serta polio.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024