Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Nangroe Aceh Darussalam (NAD) saling bertukar informasi terkait pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat, seperti Bangun Generasi dan Keluarga Papua Sejahtera (Bangga) di Bumi Cenderawasih, dan program Lansia di Aceh.

Asisten Bidang Umum Setda Provinsi Papua Elysa Auri, di Jayapura, Selasa, mengatakan untuk bertukar informasi tersebut, pemerintah daerah Aceh pun mengunjungi Bumi Cenderawasih sejak 26-28 Maret 2019.

"Kunjungan Pemerintah Provinsi NAD dalam rangka untuk melihat program Bangga Papua, di mana ingin belajar untuk bisa melakukan yang sama di Kabupaten Sabang," katanya.

Menurut Elysa, program Bangga Papua kini telah dilakukan pada tiga kabupaten sebagai percontohan yakni Kabupaten Asmat, Paniai dan Lanny Jaya, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bumi Cenderawasih misalnya pada bidang kesehatan.

"Sesuai dengan kebijakan gubernur, kami sudah melakukan program tersebut untuk melihat kondisi dari balita usia 0-4 tahun dalam rangka peningkatan kesejahteraan," ujarnya.

Dia menjelaskan sementara Provinsi Aceh sudah menerapkan program untuk Lanjut Usia (Lansia) di atas 70 tahun, sehingga diharapkan dengan adanya pertukaran informasi antara program Bangga Papua, Pemerintah Aceh dapat mengadopsi program milik Bumi Cenderawasih ini.

"Kami juga bisa mengadopsi program usia lansia di atas 70 tahun tersebut dari Pemerintah Aceh, pasalnya, ini merupakan pertukaran informasi antara Provinsi Papua dan Aceh, ini sangat baik karena sama-sama mendapat Otonomi Khusus (Otsus) sehingga menjadi satu referensi untuk dapat dilakukan di Kabupaten Sabang," katanya lagi.

Dia menambahkan keberhasilan program Bangga Papua ini telah mengangkat ekonomi masyarakat seperti Kabupaten Asmat yang mempunyai prospek yang sangat bagus sehingga seperti Pemkab Asmat meminta Program Bangga Papua dilanjutkan lagi.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024