Timika (ANTARA) - Warga Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, terlihat sangat antusias mendatangi berbagai lokasi Tempat Pemungutan Suara/TPS guna menyalurkan hak pemilih mereka pada Pemilu Serentak, Rabu 17 April 2019.

Pantauan Antara di sejumlah TPS di kawasan Kelurahan Pasar Sentral dan Jalan Pattimura Kelurahan Inauga Sempan, Distrik Mimika Baru, warga membludak hingga ke jalan-jalan menunggu giliran untuk mendaftar ke petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara/KPPS.

Sebagian besar TPS di lokasi itu dibangun di pekarangan rumah warga.

Ketua RT 09 Kelurahan Pasar Sentral Timika, Fredy Kebubun mengatakan di wilayahnya disediakan dua TPS yaitu TPS 10 Jalan Irigasi dan TPS 11 Jalan Hasanuddin.

Di TPS 11 Jalan Hasanuddin, surat suara yang diterima KPPS berjumlah 278 lembar sesuai dengan jumlah pemilih yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap/DPT ditambah surat suara cadangan enam lembar.

"Kami baru terima logistik sekitar pukul 07.30 WIT sehingga pelaksanaan pemungutan suara baru dimulai pukul 08.00 WIT. Pemilih harus melaporkan identitas sesuai surat keterangan (form C6) disertai KTP Elektronik," jelas Fredy.

Antusiasme warga untuk memilih juga terlihat di TPS 10 Jalan Irigasi Kelurahan Pasar Sentral, TPS 05 dan TPS 06 RT 04 Jalan Sahabat Kelurahan Pasar Sentral.

Ketua RT 04 Kelurahan Pasar Sentral mengatakan pemilih yang terdata pada DPT di TPS tersebut hanya 282 orang. Namun warga yang datang ke TPS jauh lebih banyak.

"Ada banyak orang yang tidak bisa mencoblos karena surat suara sudah habis. Kami tidak tahu warga yang banyak-banyak itu datang dari mana saja, sebab sebagian dari mereka bukan warga RT kami," kata Johanis, salah satu warga RT 04 Kelurahan Pasar Sentral.

Pemandangan berbeda terlihat di TPS 07 RT 05, Gang Sejati, Jalan Budi Utomo, Kelurahan Pasar Sentral.

Warga pemilih di lokasi itu tampak berbaris teratur menunggu giliran untuk mendaftar dan menerima surat suara dari petugas untuk selanjutnya memilih pada bilik suara yang telah diseadiakan.

"Semua berjalan lancar, tidak ada warga dari tempat lain yang datang mencoblos di TPS ini," kata Simson, salah satu warga RT 05, Gang Sejati.

Hingga pukul 11.00 WIT, sebagian TPS di Kota Timika telah selesai menyelenggarakan pemungutan suara dan dilanjutkan dengan perhitungan suara dimulai dengan perhitungan suara Pilpres, calon DPD RI, calon DPR RI, calon DPRD Provinsi Papua Dapil III dan calon DPRD Kabupaten Mimika.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024