Biak (ANTARA) - Berdasarkan data Real Count Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan calon Presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin mengungguli pesaingnya, dengan perolehan suara sementara pemilu serentak 17 April 2019 hingga Kamis pukul 14.00 WIT sebanyak 1.776 suara.
 
Sedangkan pasangan Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno hanya meraih sebanyak 170 suara.
 
"Hasil rekapitulasi perolehan sementara suara pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden pemilu serentak di 29 kabupaten/kota Provinsi Papua setiap waktu akan selalu berubah," ujar Sekretaris KPU Biak Numfor Agus Filma di Biak, Kamis.
 
Ia mengakui entri data perolehan suara pasangan calon Presiden dan Wapres dalam tabulasi suara sementara KPU berasal dari hasil penghitungan suara setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah ditandatangani petugas KPPS setempat  dalam formulir C1.
 
Agus Filma menyebut rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu serentak 2019 akan mengacu pada rekapitulasi data secara manual pada pleno penetapan penghitungan suara oleh KPU Kabupaten Biak Numfor
 
"Penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara pemilu serentak 2019 akan dilakukan KPU melalui rapat pleno secara berjenjang dari tingkat PPD,KPU kabupaten/kota, KPU Provinsi dan KPU Pusat," ujarnya.

Hingga kini perolehan suara pemilu serentak untuk pasangan Capres, caleg DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Biak Numfor masih terus berubah dan kini masih tahapan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 265 kampung dan kelurahan.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024