Biak (ANTARA) - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang pendidikan SMP/MTs di Kabupaten Biak Numfor, Papua, di hari pertama, Selasa 23 April 2019 berjalan lancar di 15 sekolah penyelenggara UNBK.

"Ujian Nasional sebagai program pendidikan tahunan pemerintah untuk mengevaluasi prestasi belajar siswa kelas IX SMP/MTs," kata Pengawas UNBK Dinas Pendidikan Papua Supartini di Biak seusai meninjau pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 Biak, Selasa.

Ia mengharapkan selama UNBK berjalan, tidak ada hambatan yang dialami para siswa.

Dinas Pendidikan Papua, kata Supartini, akan melakukan pengawasan UNBK di Kabupaten Biak Numfor selama ujian berlangsung sejak 23 April hingga 27 April 2019.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Biak Adolf Hein Randokir  mengakui hari pertama penyelenggaraan UNBK di SMP tersebut telah berlangsung lancar diikuti sebanyak 215 siswa kelas tiga.

"Manajemen sekolah SMP Negeri 2 sudah menyiapkan sebanyak 64 unit komputer untuk menunjang kelancaran pelaksanaan UNBK para siswa peserta ujian,"  kata Kepsek Adolf Randokir.

Ia mengakui ratusan siswa peserta UNBK SMP negeri 2 Biak sudah dibekali persiapan dengan penambahan jam belajar dan simulasi ujian yang diselenggarakan sekolah sejak Februari 2019.

Adolf Randokir berharap para siswa peserta UNBK di SMP negeri 2 tahun pelajaran 2018/2019 dapat berhasil lulus 100 persen.

"Pihak sekolah di tahun 2019 untuk kedua kali telah menyelenggarakan UNBK,   di hari pertama UNBK para siswa tidak kesulitan mengerjakan soal,"ungkap Kepsek Adolf Randokir.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Biak peserta Ujian Nasional tingkat SMP/MTs sebanyak 3.051 dari 54 sekolah dengan rincian 15 sekolah menyelenggarakan UNBK dan 39 sekolah Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Empat mata pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di antaranya Matematika, Bahasa Inggeris, IPA dan Bahasa Indonesia  berlangsung  23-27 April 2019.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024