Jayapura (ANTARA) - Paula Henry Simatupang resmi menjabat sebagai Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Papua menggantikan Adi Sudibyo dalam acara serah terima jabatan di Gedung Negara Jayapura pada Jumat.

Anggota VI BPK RI Harry Azhar Azis, di Jayapura, Jumat, mengatakan kegiatan promosi, rotasi dan mutasi dalam suatu lembaga merupakan upaya yang harus selalu dilakukan dalam rangka menjaga serta mengembangkan profesionalisme organisasi.

"Mutasi terhadap para pimpinan di lingkungan BPK ini, dilakukan tidak hanya didasarkan pada pertimbangan kebutuhan organisasi semata, namun dapat menjadi penyegaran dan pendorong semangat guna meningkatkan kinerjanya di unit kerja baru," katanya.

Menurut Harry, oleh karena itu, kegiatan serah terima jabatan yang telah dilaksanakan ini merupakan bukti bahwa BPK terus berusaha mengupayakan perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.

"Kepada Kepala Perwakilan Baru Papua saya berpesan untuk dapat meneruskan program-program yang selama ini telah dirintis oleh pejabat sebelumnya, di mana diyakini mampu memperkokoh keberadaan BPK di Bumi Cenderawasih dan memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan tata kelola keuangan daerah serta membina komunikasi baik dengan seluruh entitas pemerintahan setempat," ujarnya.

Dia menjelaskan selain itu, hampir di semua kantor perwakilan menghadapi kendala berupa kurangnya jumlah sumber daya manusia, sehingga hendaknya kepala perwakilan bisa mengoptimalkan jumlah SDM yang ada dalam melaksanakan tugasnya, agar tetap dapat menjaga kualitas hasil pemeriksaan BPK.

"Kami juga mengingatkan kepada seluruh pegawai BPK, baik struktural maupun fungsional untuk selalu menjunjung tinggi prinsip independensi, integritas dan profesionalisme," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya merupakan pengawal harta negara sehingga kawalnya dengan baik dan bertanggungjawab, di mana jangan hanya karena uang, lalu kredibilitas BPK digadaikan.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024