Jayapura (ANTARA) - PT.Pelni Jayapura memprediksi lonjakan penumpang dari pelabuhan Jayapura menjelang Idul Fitri 1440 H atau mulai Senin (27/5).

“Prediksi itu disebabkan pada minggu terakhir Mei, para pelajar sudah selesai ujian dan masuk libur panjang lebaran sehingga bisa mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran,” kata Kepala Bagian Umum dan Administasi PT.Pelni Bambang kepada Antara di jayapura, Sabtu.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan PT.Pelni sudah merencanakan penambahan satu armada yakni KM Tidar yang dijadwalkan masuk di pelabuhan Jayapura, Selasa (28/5).

Namun untuk tanggal 27 Mei 2019 para penumpang akan dilayani dengan KM.Dabonsolo yang menyinggahi pelabuhan Biak-Manokwari-Sorong-Ambon-Bau-Bau-Makasasar-Surabaya-Makassar.

Untuk itu kepada calon penumpang diharapkan segera membeli tiket karena dipastikan bakal ludes terjual, walaupun PT.Pelni sudah menambah jumlah kuota penumpang.

“Silahkan membeli tiket bisa langsung ke kantor Pelni atau melalui agen perjalanan karena saat ini perusahaan pelayaran nasional menerapkan langsung sheet untuk penumpang sehingga mereka tidak perlu tidur dilorong-lorong kapal,” katanya.

Bambang mengakui, sejak kenaikan harga tiket pesawat menyebabkan masyarakat beralih menggunakan kapal sehingga terjadi kenaikan hingga 100 persen dibanding sebelumnya.

“Kenaikan harga tiket pesawat menyebabkan masyarakat beralih ke kapal walaupun dengan jarak tempuh yang relatif lebih lama,” katanya.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024