Timika (ANTARA) - Warga Kota Timika, Papua antusias mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar oleh jajaran Polres Mimika bekerja sama dengan pihak Doctor Share Direktorat Polair Polda Papua, RSUD Mimika serta TNI AU Timika.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian obat-obatan cuma-cuma tersebut berlangsung sejak Minggu (19/5) hingga Senin bertempat di Klinik Tribrata Polres Mimika kompleks Pasar Lama Jalan Yos Sudarso Timika.

Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto di Timika, Senin, mengatakan pelayanan kesehatan dan pemberian obat-obatan secara gratis merupakan program tahunan Direktorat Polair Polda Papua dan telah dilaksanakan dua tahun berturut-turut di Timika.

"Tahun lalu kami lakukan di kawasan Satuan Polisi Perairan Polres Mimika dan Pelabuhan Paumako Distrik Mimika Timur serta Distrik Kwamki Narama. Sedangkan tahun ini digelar di Klinik Tribrata kompleks Pasar Lama Timika. Kegiatan ini semata-mata untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan, dengan sasaran warga yang belum terjangkau oleh kartu jaminan kesehatan," jelasnya.

Warga Timika khususnya di sekitaran kawasan Pasar Lama Timika cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut. Warga tampak berjubel mengisi daftar hadir untuk dapat memeriksakan kesehatan mereka secara gratis.

Pihak Doctor Share Direktorat Polair Polda Papua menerjunkan 21 orang tenaga medis termasuk tenaga dokter, ditambah tenaga medis dari RSUD Mimika, Klinik Tribrata Polres Mimika, Klinik Kesehatan Pangkalan TNI AU Timika serta PMI Timika.

Polres Mimika menargetkan kegiatan tersebut bisa menjangkau lebih banyak masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Tahun lalu sebanyak 250 warga Mimika ikut memeriksakan kesehatan gratis. Diharapkan tahun ini jumlahnya lebih banyak. Keterlibatan semua pihak dalam kegiatan ini sebagai bukti bahwa kita bersama-sama peduli terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan pelayanan kesehatan," kata AKBP Agung.

Selain melayani pemeriksaan dan pengobatan penyakit umum, kegiatan ini juga melayani bedah ringan seperti daging tumbuh, kutil, bisul, penyakit kulit dan lainnya.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024