Biak (ANTARA) - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyalurkan dana bantuan program Kawasan Rumah Pangan Lestari kepada 10 kelompok wanita tani sebesar Rp500 juta dalam upaya mencegah kasus stunting (kondisi tinggi badan anak lebih pendek/kerdil) serta pemenuhan gizi keluarga di Biak Numfor, Rabu.

"Bantuan dana untuk kelompok wanita tani masing-masing Rp50 juta per kelompok harus dimanfaatkan dengan tepat sehingga dapat mencegah kasus stunting," ujar Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap.
 
Ia mengakui pencegahan stunting dilakukan ibu menjadi hal penting dalam membentuk generasi muda orang asli Papua yang sehat.

Program bantuan rumah pangan lestari, menurutnya sangat strategis dilakukan pemerintah karena berhubungan dengan pencegahan stunting terhadap tumbuh kembang anak.

"Saya akan mengecek di lapangan setiap kelompok tani wanita yang sudah memperoleh bantuan dana rumah pangan lestari," harap Herry Naap.

Melalui bantuan dana kelompok tani wanita, lanjutnya kedepan bisa meningkatkan pendapatan kelompok tani karena memproduksi bahan pangan untuk dijual ke pasar.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan setempat Made Suaryadana mengakui penyaluran bantuan dana kelompok tani wanita akan ditranfer ke rekening kelompok tani bersangkutan.

"Gunakan dana bantuan kelompok tani wanita sesuai kebutuhan karena memberikan dampak positif untuk pencegahan stunting pada anak-anak," harap dia.

Penyerahan bantuan dana rumah pangan lestari untuk kelompok tani wanita di Kabupaten Biak Numfor tersebar di 10 kampung dan 10 distrik.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024