Jayapura (ANTARA) - Aparat kepolisian resor (Polres) Nabire berhasil mengungkap dan menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor  jenis roda dua di Jalan Trikora, Kelurahan Morgo, Kabupaten Nabire, Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal di Kota Jayapura, Kamis malam mengatakan pelaku atas nama Nando Kaonang ditangkap oleh polisi Nabire pada Rabu (29/5) pagi sekitar pukul 10.40 WIT bersama sejumlah kendaraan hasil curian.

"Pelaku atas nama Nado Kaonang ini telah mencuri setidaknya empat unit motor  dan dari keempat motor tersebut dua di antaranya sudah diamankan oleh Sat Reskrim Polres Nabire," katanya.

Pada saat dilakukan penangkapan, kata dia, di tangan tersangka masih ditemukan satu unit sepeda motor merk Honda jenis CBR 150 warna hitam putih dengan nomor polisi PA 5508 KB.

"Termasuk beberapa kunci dan suku cadang motor serta beberapa plat motor hasil curian yang sudah dibuka atau diubah sebelumnya," katanya.

Dari keterangan pelaku, lanjut dia, diketahui telah melakukan tindakan pencurian motor tersebut seorang diri, dengan cara mencari motor yang tidak dikunci stirnya, lalu mendorongnya pada saat pemiliknya sedang lengah.

"Dan apabila sudah jauh dari TKP, pelaku mencari ojek untuk mendorongnya ke tempat penyimpanan di Jalan Trikora belakang kantor KNPI, Kelurahan Morgo, Kabupaten Nabire," katanya.

Adapun motor-motor yang pernah dicuri oleh pelaku adalah motor Honda Beat warna putih biru dengan plat PA 6271 KC yang dicuri pada April, di Jalan Kusuma Bangsa, Kelurahan Oyehe tepat di depan kuburan makam bahagia.

Lalu, motor Honda Beat warna biru putih dengan plat PA 3864 KK yang dicuri pada April, di Jalan Patung, Kelurahan Karang Tumaritis dan motor Yamaha Mio Z warna silver yang dicuri pada awal Mei, di Pantai Nabire.

"Dan terakhir motor Honda CBR 150 warna hitam putih dengan plat PA 5508 KB yang dicuri pada 27 mei 2019 di Girimulyo," katanya.

Untuk motor dengan plat PA 6271 KC, kata dia, anggota Reskrim Polres Nabire masih melakukan pencarian karena telah dijual oleh pelaku.

"Motor itu dijual dan polisi Nabire lagi cek ke rumah saudara Isak Rumawi di Kampung Makimi. Katanya motor tersebut ada di situ," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024