Jayapura (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Papua menggelar halal bi halal usai pelaksanaan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijiriah di Lapangan Tenis Rastra Samara Mapolda di Jalan Sam Ratulangi, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Rabu (5/6).

Hadir dalam kegiatan itu Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Albert Rodja beserta istri, Wakapolda Papua Brijen Pol Yakobus Marjuki, para pejabat utama Polda Papua, Ketua FKUB Provinsi Papua Pdt Lipiyus Biniluk dan Uskup Jayapura Leo Laba Ladjar serta personel Polda Papua dan para tamu undangan lainnya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pelaksanaan halal bihalal itu diprakarsai oleh Irwasda Polda Papua selaku pejabat utama yang dan perwira senior Muslim yang mengundang anggota Polri, baik yang Nasrani dan Muslim serta warga sekitar.

"Gelaran halal bihalal yang dilaksanakan tersebut semata-mata untuk memperkokoh tali silaturahmi serta mengikat erat jalinan persaudaraan sehingga pelaksanaan tugas ke depan lebih terarah dan tentunya maksimal," katanya.

Secara terpisah, Ketua FKBU Provinsi Papua Pdt Lipiyus Biniluk mengatakan bersama pengurus ikut hadir dalam acara halal bihalal yang digelar oleh Polda Papua sebagai bentuk penghargaan dan saling menghargai satu sama lainnya.

"Kami juga hadir dalam acara halal bihalal bihalal di Polda Papua yang diundang oleh Pak Irwasda sebagai bentuk sikap toleransi antarumat beragama," katanya.

Berkaitan dengan perayaan Idul Fitri, Lipiyus mengajak atau mengimbau kepada segenap warga Papua, baik yang merayakannya ataupun yang tidak agar bisa saling menghargai satu sama lainnya.

"Saya ajak warga untuk menjaga kedamaian di Idul Fitri ini. Jika menemukan hal-hal yang negatif atau aksi radikal dari aliran atau sekte atau lainnya segera lapor kepada aparat keamanan atau kepada kami sehingga bisa diambil sikap," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024