Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat berencana membangun pasar ikan modern di Kota Jayapura.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua FX Mote, di Jayapura, Senin, mengatakan dalam pembangunan ini, pemprov setempat akan bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"KKP bersedia membangun pasar ikan modern di Kelurahan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura," katanya.

Menurut Mote, setelah ada yang bersedia membangun fisiknya, tinggal dipikirkan mengenai persoalan dalam hal kepemilikan lahan.

"Kami harus menyelesaikan hal ini secara rapi, sehingga ketika membangun pasar modern tersebut tidak menuai persoalan di kemudian hari lagi," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk hal ini maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Walikota Jayapura di mana diharapkan pada 2020 dapat dibangun bersamaan dengan infrastruktur PON XX lainnya.

"Kami berharap dengan adanya pasar modern maka Papua dapat memiliki tempat penjualan ikan seperti pasar baru Ancol," katanya lagi.

Dia menambahkan dengan adanya pasar ikan modern ini, dapat juga menjawab tuntutan nelayan asli Papua khususnya di Kota Jayapura untuk memperoleh tempat berjualan khusus memasarkan hasil tangkapannya.
 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024