Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Daerah Puncak Jaya menjajaki kerja sama dengan perguruan tinggi dalam menyediakan tenaga guru kontrak untuk mengatasi kekurangan tenaga guru.

"Penjajakan itu mulai dilakukan guna mengatasi kekurangan tenaga guru," kata Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda kepada Antara di Jayapura, Selasa.

Dikatakannya, sebelum penandatangan kerja sama dengan pihak perguruan tinggi terlebih dahulu pemda akan mempersiapkan segala sesuatunya mengingat selama ini Puncak Jaya dikenal sering kali terjadi kasus penembakan.

Image sebagai daerah yang tidak aman itulah yang akan diubah dengan bekerja sama kepada semua pihak termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat termasuk pemudanya.

“Memang tidak mudah namun Pemda akan berupaya agar rencana tersebut terwujud mengingat saat ini daerahnya mengalami kekurangan tenaga guru yang berdampak kepada anak usia sekolah,” kata Yuni Wonda.

Menurut  Bupati, pemda juga akan memperbaiki serta membangun kembali sekolah-sekolah yang saat ini rusak atau dibakar kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab.

Wonda mengatakan, untuk tahap awal kemungkinan guru-guru kontrak itu akan ditempatkan di sekolah sekolah yang ada di sekitar ibukota kabupaten.

“Mudah-mudahan dalam tahun ini hal itu dapat terwujud sehingga aktifitas belajar mengajar kembali normal dan pendidikan di Puncak Jaya tidak mengalami kemunduran,” katanya.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024