Wamena (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya dokter Willy Mambieuw mengimbau sejumlah petugas kesehatan yang ada di beberapa puskesmas yang baru dibangun agar tetap melakukan pelayanan di puskesmas lama..

Willy Mambieuw di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Minggu, mengatakan ada beberapa pemerintahan distrik yang menginginkan agar pelayanan di Puskesmas baru tidak dilakukan hingga peresmian, namun telah diimbau kepada petugas untuk  memberikan pelayanan.

"Misalnya di Welesi ini sebenarnya sudah kita kasih petugas masuk, tetapi dari distriknya mereka mau setelah Puskesmas diresmikan baru pelayanan mulai berjalan," katanya.

Ia mengatakan beberapa gedung Puskesmas yang sementara memasuki tahap akhir pembangunan dan segera diresmikan tersebar di empat distrik.

"Puskesmas yang belum diresmikan itu Melagalome, Yalengga, Wollo, Welesi. Sampai sekarang masih pakai Puskesmas yang lama. Jadi tetap pelayanan jalan," katanya.

Dokter bedah ini mengatakan masih menunggu informasi dari masing-masing kepala Puskesmas terkait waktu peresmian bangunan-bangunan baru itu.

Pada tahun 2019 Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua meresmikan dua Puskesmas, yaitu Puskesmas Tagime dan Puskesmas Pyramid.

Bupati mengatakan pemerintah membangun gedung Puskesmas baru karena bangunan Puskesmas lama terbuat dari balok dan papan.

Mantan wakil bupati dua periode ini mengharapkan dengan pembangunan Puskesmas baru tersebut, pelayanan kepada masyarakat semakin dekat, sebab awalnya ada warga yang mesti menempuh jarak tujuh kilo meter untuk sampai ke Puskesmas terdekat.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024