Jayapura (ANTARA) - Dojo KKI Bank Papua meraih juara umum dalam kejuaraan karate yang memperebutkan piala Pangdam XVII/Cenderawasih di GOR Waringin, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Sabtu.

Kejuaraan itu diikuti oleh 473 peserta dari berbagai dojo di Provinsi Papua dan Papua Barat dengan juara umumnya dari Dojo KKI Bank Papua.

Para karateka dari Bank Papua menyabet delapan medali emas dan sejumlah perak serta perunggu sehingga berhak mendapatkan uang pembinaan dan piala bergilir Pangdam Cenderawasih.

"Output dari kejuaraan ini akan kami laporkan dan sampaikan ke KONI dan instansi terkait agar ada pembinaan lebih lanjut terutama untuk proyeksi atlet PON XX 2020 di Papua," kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjeni TNI Yosua Pandit Sembiring, didampingi Danrem 172/PWY Kolonel Inf J Binsar P Sianipar dan sejumlah pejabat kodam serta para dandim.

Secara terpisah, Ahmad Razak Ketua Bank Papua Club cabang Karate mengatakan dojo KKI Bank Papua menerjunkan 47 atlet dan meraih delapan emas, empat perak dan sembilan perunggu.

"Hasil ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, baik atlet itu sendiri, pelatih dan Bank Papua. Delapan emas yang kami raih itu di antaranya dari kelas junior, pemula, pra pemula, under dan senior," katanya didampingi simpai Hasniah, Hence, Armando dan Akbar.

Ia menjelaskan bahwa di dojo KKI Bank Papua terbentuk sekitar tahun 1999 dan lebih banyak diisi oleh karateka berusia belia dan junior.

"Kami punya karateka itu rata-rata pelajar dari Kota Jayapura. Dan karateka kami ada yang akan ikuti Popnas serta kejuaraan lainya," katanya.

Mengenai kejuaraan karate yang memperebutkan piala Pangdam XVII/Cenderawasih 2019 atau yang ketiga itu, Ahmad menilai bahwa kejuaraan itu sangat bergengsi.

"Piala Pangdam Cenderawasih ini lebih bergengsi karena banyak peserta dari luar Papua atau dari Papua Barat dan atletnya atau karatekanya bagus-bagus sehingga medalinya juga merata, wasit juga fair. Harapan kami ada juga kejuaraan serupa dari pihak lainnya untuk menggelar kegiatan serupa ini," katanya.

Kejuaraan karate piala Pangdam XVII/Cenderawasih 2019 itu digelar oleh Korem 172/PWY dan didukung oleh sejumlah sponsor.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024