Biak (ANTARA) - Lembaga Wahana Visi Indonesia (WVI) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menargetkan pembentukan 11 rumah bacaan masyarakat (RBM) di berbagai kampung dalam upaya mendorong peningkatan kemampuan literasi anak dalam lingkungan keluarga setempat.

"Rumah bacaan masyarakat di Kabupaten Biak Numfor sampai sekarang sudah terbentuk di tiga lokasi, yakni di Wafnour Distrik Biak Kota, Kampung Rosayendi dan Kampung Mnermu Distrik Biak Utara dan sisanya akan segera dibentuk WVI," ujar Area Manager Wahana Visi Indonesia Biak Jhon Purba dalam keterangan di Biak, Kamis.

Ia mengakui, RBM perlu dibangun di Biak dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi generasi muda agar lebih tertarik dengan membaca buku.

Jhon Purba mengatakan, melalui pengoperasian 11 RBM diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk gemar membaca buku dan mempraktikkan isinya bersama-sama.

"Dengan kegiatan literasi masyarakat diharapkan bisa menjadi tempat penyelenggaraan program pembinaan kemampuan membaca dan belajar serta sebagai tempat untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat," kata Jhon Purba.

Dengan adanya 11 RBM ini, lanjut Jhon Purba, dapat juga sebagai sumber hiburan bagi masyarakat untuk memanfaatkan waktu senggang seraya memperoleh pengetahuan atau informasi baru melalui membaca buku.

Ia mengakui, untuk mendorong minat literasi di kalangan anak-anak muda, khususnya siswa, di Kabupaten Biak Numfor WVI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan akan menyelenggarakan pameran literasi pada 19 Juli 2019.

Selama pameran literasi digelar WVI Biak, menurut Jhon Purba, akan menampilkan beragam jenis permainan menarik untuk mengedukasi siswa sekolah dasar, SMP dan SMA/SMK.

"Pameran literasi juga melibatkan perpustakaan keliling Babinkamtibmas Polres, Pemkab Biak Numfor, komunitas masyarakat pegiat literasi serta mitra kerja WVI lainnya," demikian Jhon Purba.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024