Wamena (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, sedang menyiapkan dokter untuk mengatasi masalah pasien gangguan jiwa yang bisa meresahkan warga.

Asisten I Sekda Jayawijaya Tinggal Wusono di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Kamis, mengatakan dinas sosial, dinas kesehatan dan RSUD sedang menyusun pemetaan penanganan masalah gangguan jiwa.

"Ada dokter yang saat ini sedang sekolah dan akan bertugas di Jayawijaya. Mungkin akan sedikit membantu sebelum dilakukan rujukan lebih lanjut ketikan secara indikasi pasien mengalami gangguan jiwanya lebih tinggi," katanya.

Berdasarkan informasi dari RSJ Abepura, rata-rata pasien yang mengalami gangguan jiwa cukup banyak dari wilayah pegunungan.

Menurut Tinggal, perlu adanya dokter spesialis kejiwaan baik di tingkat puskesmas maupun rumah sakit untuk menangani masalah itu.

"Mungkin masalah ini harus diseriusi dengan menyiapkan sarpras yang ada di Puskesmas dan RSUD Wamena untuk penanganan masalah –masalah seperti ini," katanya.

Sebelumnya seorang yang mengalami gangguan jiwa di Jayawijaya melukai tiga orang lainnya, serta merusak kendaraan dan rumah warga.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024