Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, bersama unsur Forkompinda setempat menggelar upacara tabur bunga di Pelabuhan Pendaratan Ikan/PPI Pomako, Distrik Mimika Timur, Selasa, menyongsong HUT Ke-74 Kemerdekaan RI

Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang yang memimpin upacara tabur bunga tersebut mengatakan kegiatan itu untuk menghormati dan mengenang arwah para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

"Sebagai generasi muda penerus cita-cita para pahlawan, wajib hukumnya bagi kita untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah mendahului kita demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara," katanya.

Bassang yang sebentar lagi akan mengakhiri tugasnya sebagai Wabup Mimika mengajak seluruh warga Mimika, terutama generasi muda untuk terus mengingat jasa dan perjuangan para pahlawan bangsa.

Menurut dia, tanpa perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan seluruh jiwa dan raganya demi tegaknya NKRI belum tentu generasi muda bangsa bisa menikmati alam kemerdekaan seperti sekarang ini.

"Kita semua tidak mungkin dapat menghirup udara kebebasan seperti saat ini kalau tanpa perjuangan para pahlawan bangsa. Makanya generasi muda harus mengisi alam kemerdekaan ini dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, bukan sebaliknya melakukan hal-hal yang bisa merusak diri sendiri, keluarga, dan masyarakat," ujarnya.

Tabur bunga dimulai oleh Wabup Mimika Yohanis Bassang dengan menaburkan bunga ke perairan sekitar Dermaga PPI Pomako, kemudian diikuti oleh Waka Polres Mimika Kompol I Nyoman Punia, Plt Sekda Mimika Marthen Paiding, Kepala Kejaksaan Negeri Timika dan para pimpinan satuan TNI AD, TNI AL, TNI AU, para asisten Setda Mimika serta pimpinan organisasi perangkat daerah setempat.

Guna memeriahkan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Mimika, pada Senin (12/8) digelar karnaval berwawasan Nusantara yang diikuti sekolah-sekolah mulai dari tingkat TK hingga SLTA di Kota Timika, komunitas organisasi masyarakat dan paguyuban dari berbagai suku.

Selanjutnya pada Rabu (14/8) akan digelar pawai kendaraan hias mengelilingi Kota Timika yang dimulai dari halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika di Kelurahan Karang Senang SP3, Distrik Kuala Kencana dan berakhir di Tugu Perdamaian Timika Indah.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024