Biak (ANTARA) - Sebanyak 100 siswa perwakilan dari berbagai SMA dan SMK di Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengikuti lomba pidato dalam tiga bahasa yakni bahasa daerah Biak, Inggris dan Bahasa Indonesia untuk menyemarakkan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis.

"Tujuan dari lomba pidato dalam tiga bahasa untuk meningkatkan kemampuan bicara siswa bahasa daerah Biak, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris," kata Pelaksana harian Kepala Dinas Pendidikan Biak Simon Rumpaisum MAP seusai membuka lomba pidato di gedung Axioma Dinas Pendidikan, Kamis

Ia mengharapkan melalui ajang lomba pidato untuk mengamalkan kecakapan siswa berbicara di depan umum dengan kemampuan tiga bahasa.

Simon mengajak siswa peserta lomba dari perwakilan sekolah di Kabupaten Biak Numfor untuk memperlihatkan kemampuan bicara dalam penguasaan tiga bahasa.

"Dengan adanya lomba pidato ini juga diharapkan bisa mengangkat potensi minat dan bakat para generasi muda Biak," kata mantan Ketua KNPI Biak itu.

Disinggung animo siswa mengikuti lomba pidato, menurut Simon, sangat tinggi karena jumlah pesertanya mencapai 100 siswa.

Plh Kadis Pendidikan Biak Simon berharap, ajang lomba pidato dalam tiga bahasa diharapkan dapat menjadi sarana uji kemampuan bakat para siswa dalam berbicara.

Bertindak sebagai dewan juri lomba pidato, diantaranya dari dewan guru, Kabid Dikjar Dinas Pendidikan Djaposman Simanjuntak serta dari perwakilan Dewan Kesenian Indonesia Biak Numfor.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024