Jayapura (ANTARA) - Sejumlah peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Selatan (Sulsel) mengungkapkan kekagumannya terhadap budaya Papua yang dirasakannya sejak pertama kali tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua,  pada Kamis (15/8) hingga saat berkunjung ke SMA Negeri 5 Angkasa, Kota Jayapura, pada Jumat pagi. 

Para pelajar asal berbagai kabupaten/kota di Sulawesi Selatan itu mengagumi budaya Papua yang disuguhkan saat menyambut kedatangan mereka, seperti keramahan dan tari-tarian khas.  
 
"Kami baru mengunjungi SMA Negeri 5 Angkasa, Jayapura, saya sangat terkejut dengan cara penyambutannya, cara mereka menyambut, dan keramahan orangnya," kata Diva Aulia Zikia, salah satu siswi peserta SMN perwakilan dari SMA Negeri 16 Kota Makassar di sela-sela kunjungan ke SMA Negeri 5 Angkasa. 

Dia mengaku paling suka dengan budaya-budaya Papua yakni cara menyambut tamu dengan mengalungi kain adat Papua dan diberi suvenir noken (tas rajutan khas Papua).

Dita dan kawan-kawannya mengakui cara penyambutan tamu yang dilakukan masyarakat Papua di bandara dan saat mengunjungi sekolah di Jayapura terasa membekas dalam ingatan mereka.

"Senang sekali, kemarin kami disambut, dikalungkan kain, dan diberi tas (noken). Hari ini, ketika kami mendatangi SMAN 5 Jayapura juga langsung disambut dengan tari-tarian khas Papua. Sejujurnya, saya sangat kagum dengan budaya Papua," ujarnya. 

Bahkan, Dita dan teman-temannya mengaku sangat terharu bisa sampai ke Provinsi Papua dan disambut seperti pejabat. 

"Saya sangat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua, dalam hal ini Dinas Pendidikan, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan PT Yoda Karya karena telah memfasilitasi kami selama kami berada di Papua," ujarnya. 

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi. 

Sebanyak 27 orang siswa-siswi peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Selatan (Sulsel) berkunjung ke Jayapura, Papua, dan sebaliknya sebanyak 29 peserta SMN asal Papua berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Kegiatan SMN 2019 ini difasilitasi oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019 di Provinsi Papua dan PT Yoda Karya selaku perusahaan BUMN yang bergerak di bidang konsultan teknik kontruksi. Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus mendatang.
 

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024