Jayapura (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif MR 411/PDW Kostrad ajarkan budaya hidup sehat sejak dini kepada anak-anak SD Inpres Rawabire, Kampung Rawabira, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Kamis.

"Dengan mengajarkan cara hidup sehat, seperti menjaga kebersihan badan yang baik dan benar kepada anak-anak, diharapkan mereka bisa peduli hidup sehat sejak dini, sehingga anak-anak terbiasa dengan budaya hidup sehat dan bersih setiap hari," kata Komandan Pos (Danpos) Rawabiru Letda Inf Raden Adityas ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Kamis malam.

Menjaga kebersihan diri, jelas dia merupakan hal yang sangat penting terutama menjaga diri tetap bersih dan sehat sejadi dini, sehingga Yonif MR 411/PDW Kostrad merasa perlu untuk menggaungkan atau mensosialisasikan hal ini kepada pelajar di perbatasan.

"Salah satu kegiatan mencontohkan, yakni cara menjaga kebersihan diri kepada pelajar SD Inpres Rawabiru. Disini kami ajarkan cara mandi yang benar dengan sabun, memotong kuku, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, makan menggunakan tangan kanan, menyisir rambut dan juga mengenalkan tentang parfum," terangnya.

Hal itu dilakukan, ungkap dia karena sebagai sesama anak bangsa, apalagi sebagai prajurit TNI perlu mengenalkan hal yang positif agar para calon generasi penerus bangsa Indonesia bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik, terutama gaya hidup sehat dan bersih.

"Kami sangat sayang anak-anak Papua. Makanya kami berikan yang terbaik, caranya dengan memperkenal hal-hal yang kecil di sekitar mereka, bagaimana memulainya dengan gaya hidup sehat dan bersih," tambah Raden.

Sementara itu, Wadansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang mengapresiasi dan mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh personel Pos Rawabiru, dimana telah mengajarkan kepada anak-anak untuk dapat menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

"Kebersihan diri tidak hanya penting bagi kita, namun juga bagi orang di sekitar kita. Dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat kepada anak-anak diharapkan dapat memberikan budaya hidup sehat sejak dini dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang nanti akan membentuk karakter baik bagi mereka," kata Mayor Inf Ilham.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024