Mappi (ANTARA) - Wakil Bupati (Wabup) Mappi Jaya Ibnu Su’ud membuka pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang digeliatkan Kodim 1707/Merauke di Kampung Kogir, Distrik Minyamur, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua pada Rabu (2/10).

Dalam rilis yang diterima Antara, Kamis (3/10), disebutkan bahwa pembukaan program TMMD ke-106 diawali dengan apel yang dipimpin Wabup Mappi Jaya Ibnu Su’ud. Sedangkan Danki Satgas TMMD ke-106 Kodim Merauke Lettu Inf Antonius Kalambia bertindak sebagai komandan upacara.  

Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud melalui sambutannya mengatakan bahwa kegiatan TMMD merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemanunggalan TNI bersama rakyat, dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan Kegiatan terintegrasi tersebut dilaksanakan berkesimbungan.

“TMMD ke-106 di Kampung Kogir merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, pemerintah daerah dan masyarakat untuk membangun infrastruktur kampung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah,” kata Ibnu.

Ia berharap agar program tersebut dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di kampung-kampung, mengingat proses perencanaan program TMMD selalu melibatkan pemerintah daerah dan masyarakat.
  Upacara pembukaan program TMMD ke-106 Kodim Merauke di Kampung Kogir, Distrik Minyamur, Kabupaten Mappi, Papua (ANTARA News Papua/HO/Kodim 1707/Merauke/Eman)
Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra SIP mengatakan bahwa kegiatan TMMD ke-106 difokuskan pada dua kegiatan, yakni fisik dan non fisik. Sasaran fisik berupa pembangunan 20 unit rumah panggung.

“Sedangkan non fisik menyangkut pelayanan kesehatan, penyuluhan pertanian, peternakan dan kesehatan serta kegiatan yang mendorong inovasi dan kreativitas masyarakat dalam membangun kampung,” kata Dandim Merauke.

Usai upacara pembukaan program TMMD, acara dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan alat kegiatan TMMD ke-106 Kodim Merauke kepada perwakilan satuan tugas oleh Wabup Mappi Ibnu Jaya Su’ud dan Dandim Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra.  

Pembukaan program TMMD ke-106 di Kogir dihadiri Pabung Mappi Mayor Inf Artiono, Pabung penugasan Kodim Mappi Mayor Inf Made Marjana, Wakapolres Mappi Kompol Sutarman, Danramil 1707-07/Kepi Lettu Inf Suriyan dan Asisten III Setda Mappi Mauridsius. (*/adv)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024