Jayapura (ANTARA) - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, menyebutkan empat wilayah di Papua mengalami pergantian musim (zona musim).

Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili di Jayapura, Kamis, menggatakan dari data BMKG, di Papua hanya ada empat wilayah yang terjadi pergantian musim (zona musim). Sedangkan wilayah lainnya tak memiliki musim.

Wilayah tersebut yakni, pertama di Kota Jayapura, Kabupaten Keerom bagian Utara, Kabupaten Jayapura bagian Timur laut.

Kedua di Kabupaten Jayapura bagian tengah dan Selatan, Sarmi bagian Selatan dan Tenggara, Tolikara bagian Utara-Timur laut, sebagian besar Kabupaten Waropen.

"Ketiga, Tolikara bagian Selatan, Yahukimo bagian Utara-Barat Laut, Jayawijaya, Puncak Jaya bagian Timur dan terakhir ada di Kabupaten Merauke," ujarnya.

Selain itu, kata Petrus di Papua Barat ada dua wilayah zona yakni Kabupaten Sorong bagian Timur, Kabupaten Manokwari bagian Utara dan Kota Manokwari. Wilayah dua yakni di sebagian Manokwari bagian Selatan dan sebagian Kabupaten Teluk Bintuni.

Sementara daerah lainnya, menurut dia yang tak disebutkan di atas, tak memiliki zona musim. Hal ini juga yang menjadi faktor cuaca di Papua tak bisa ditebak, karena sebagian besar tak mengenal musim.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024