Biak (ANTARA) - Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun anggaran 2019 telah menyalurkan bantuan sebanyak 50 unit perahu nelayan dalam upaya meningkatkan hasil tangkapan ikan bagi kelompok nelayan di wilayah Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Fasilitas bantuan perahu nelayan dengan kapasitas tiga gross ton diharapkan bisa menambah hasil tangkapan ikan. Ya, ini merupakan program bantuan langsung SKPT Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk pemberdayaan kelompok nelayan," kata Kepala Dinas Perikanan Biak Numfor Effendi Igirisa menanggapi program bantuan kelompok nelayan di Biak, Jumat.

Kadis Perikanan Effendi mengharapkan, sarana alat tangkap perahu nelayan bantuan pemerintah dapat dirawat karena sangat terkait dengan aktivitas keseharian kelompok nelayan dalam melaut menangkap ikan.

Effendi mengakui, selama ini ada banyak keluhan dari kelompok nelayan di Kabupaten Biak Numfor karena kurangnya sarana tangkap ikan sehingga hasilnya kurang maksimal memenuhi kebutuhan pasar.

"Dengan adanya bantuan sarana tangkap perahu nelayan diharapkan bisa untuk menambah semangat kerja kelompok nelayan guna menambah hasil tangkapan,"harap Kadis Perikanan Effendi.

Effendi mengakui bahwa penyerahan bantuan perahu sarana tangkap ikan untuk 27 kelompok nelayan di berbagai distrik dan kampung telah diterima masing-masing kelompok ditandai penandatanganan berita acara serah terima barang bantuan program SKPT Kabupaten Biak Numfor.

Effendi juga mengajak agar bantuan kelompok nelayan penerima manfaat bantuan sarana tangkap ikan diharapkan bisa meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga kelompok nelayan bersangkutan.

Berdasakan data, Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu Kabupaten Biak Numfor hingga tahun 2019 telah mengoperasikan fasilitas gudang beku ikan terintegrasi untuk membantu kelompok nelayan dengan kapasitas 200 ton.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024