Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua berkomitmen mempercepat pembangunan infrastruktur di wilayah itu sesuai dengan porsi masing-masing.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw kepada ANTARA di Jayapura, Selasa, mengatakan yang dimaksud dengan porsi tersebut adalah misalnya dalam pembangunan infrastruktur berupa jalan, pemerintah daerah (pemda) membantu menyiapkan lahan dan pelepasan adatnya.

"Sedangkan untuk pembangunan fisiknya diserahkan kembali kepada pemerintah pusat maupun provinsi yang bertanggung jawab, khususnya infrastruktur pendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020," katanya.

Menurut Mathius, selain itu, pihaknya juga mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di kampung-kampung agar terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat pada wilayah setempat.

"Kini yang sedang kami garap adalah pembangunan ruas jalan dalam kota pendukung PON, jalan menuju Demta, Depapre kemudian Genyem ke lingkar selatan Danau Sentani dan lain sebagainya," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mengklaim banyak pekerjaan pembangunan infrastruktur jalan yang berhenti di tengah jalan sebelumnya, sehingga kini satu per satu mulai diselesaikan secara perlahan.

"Semua ini bermuara pada pelaksanaan PON 2020 di Papua sehingga diharapkan sinergitas antara pemerintah daerah dan pusat dapat terjalin dengan baik," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga mendorong ke depan, jika ada pembangunan infrastruktur namun kewenangannya ada di pusat dapat segera direalisasikan sehingga dapat bersinergi dengan pemerintah daerah.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024