Biak (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) bersama manajemen PT Pelni akan menyiapkan empat kapal di pelabuhan laut Kabupaten Biak Numfor, Papua guna melayani kebutuhan masyarakat untuk angkutan penumpang menyambut hari raya Natal 25 Desember 2019.

"Setiap tahun menghadapi Natal dan tahun baru kebutuhan masyarakat akan transportasi meningkat sehingga pemerintah harus menyediakan layanan kapal buat keperluan warga," ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Biak Numfor Fransisco Olla di Biak, Rabu.

Kadishub Fransisco menyebut, informasi empat kapal yang akan melayani angkutan Natal yakni KM Sinabung,KM Ciremai dan khusus tambahan hari Natal yakni KM Dobonsolo serta KM Labobar.

Untuk KM Dobonsolo sesuai jadwal, lanjut Fransisco, akan tiba 17 Desember 2019 dengan rute Biak, Manokwari, Sorong,Ambon, Bau-bau, Makassar, Surabaya dan Tanjung Priok.

Sedangkan KM Labobar, sebutnya akan berangkat 20 jam 15.00 WIT tujuan Biak-Serui-Nabire, Manokwari-Nabire-Serui-Jayapura-Serui-Nabire-Manokwari-Sorong-Ternate-Bitung-Pantoloan-Balikpapan dan Surabaya.

Khusus layanan kapal perintis untuk warga lokal antar Papua, menurut Fransisco akan dilayani kapal Sabuk Nusantara 64 dan 100 serta kapal feri Indonesia PT ASDP.

"Jajaran Dishub Biak siap menyukseskan angkutan Natal dan tahun baru untuk melayani kebutuhan masyarakat," ungkap Kadishub Fransisco.

Sedangkan angkutan pesawat udara untuk kebutuhan Natal dan tahun baru, menurut Kadishub Fransisco, akan dilayani Garuda dan Sriwijaya air serta angkutan perintis Trigana air dan Susi Air.

Hingga, Rabu pukul 15.00 WIT aktivitas warga Biak Numfor berjalan kondusif seperti angkutan umum pelabuhan bandara pertokoan perkantoran pemerintah daerah tetap beroperasi lancar.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024