Biak, Papua (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua membekali siswa TK Ade Irma Biak tentang pengetahuan dan informasi sarana peralatan pertolongan SAR dalam upaya membantu penyelamatan korban kecelakaan dan bencana alam.

"Tujuan kedatangan siswa Taman Kanak-kanak TK Ade Irma Biak untuk mengenal lebih dekat sejak dini mengenai tugas dan fungsi keberadaan kantor search and rescue (SAR)," kata Kepala Kantor SAR Biak Melkianus Kotta di Biak,Jumat.

Ia mengelaskan siswa TK Ade Irma Biak sangat antusias menyaksikan petugas SAR yang tengah mengenalkan alat-alat serta metode pertolongan yang sering dilakukan pada saat operasi SAR.

Para siswa TK Biak, menurut Melkianus, juga dikenalkan mengenai sejarah berdirinya lembaga Basarnas, yang disampaikan anggota Kantor SAR Biak.

"Edukasi ini kami sampaikan agar informasi mengenai apa tugas pokok dan fungsi dari Basarnas sendiri bisa tersampaikan sejak dini kepada anak-anak TK. Kami mengapresiasi kepala sekolah karena sudah membimbing siswanya untuk mengenalkan potensi SAR," katanya.

Ia mengarapkan ada sekolah lain juga bisa mencontoh siswa TK Ade Irma Biak untuk mengunjungi Kantor SAR Biak dalam rangka mengedukasi anak tentang pelayanan tugas dan fungsi Basarnas untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat yang menjadi korban musibah atau bencana alam.

"Jajaran Kantor SAR Biak siap melayani kunjungan para siswa TK,SD,SMP, SMA/SMK hingga perguruan tinggi untuk mengenalkan potensi SAR kepada masyarakat," katanya.

Kunjungan lebih kurang 100 siswa TK Ade Irma Biak Kota itu dilanjutkan dengan peninjauan Kantor SAR dan dilakukan foto bersama para siswa dengan pejabat struktural SAR Biak, para guru, dan Kepala Kantor SAR Biak Melkianus Kotta.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024