Jayapura (ANTARA) - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jayapura mengimbau masyarakat segera melunasi tunggakan listriknya untuk mendapatkan layanan kelistrikan secara maksimal.

Salmon Kareth Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jayapura, di Jayapura, Jumat, mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan penertiban secara keadministrasian.

"Kini jika ada pelanggan yang menunggak selama satu bulan maka akan langsung dikirimi surat peringatan pemutusan," katanya.

Menurut Salmon, jika sebelumnya pihaknya masih memberikan jeda waktu untuk melakukan pembayaran yakni selama tiga bulan, kini tidak lagi mengingat banyaknya tunggakan dari pelanggan umum.

"Jadi kini, bulan pertama menunggak akan diputus, bulan kedua dan ketiga instalasi listriknya akan dibongkar, di mana jika hendak dipasang kembali harus melunasi tunggakannya dan mendaftar ulang sebagai pelanggan baru," ujarnya.

Dia menjelaskan hal ini dilakukan agar pelanggan dapat lebih bertanggungjawab terhadap kewajibannya membayar tagihan listrik untuk mendapatkan layanan yang maksimal.

"Kami juga berupaya menjaga pelayanan secara maksimal dengan melakukan pemeliharaan dan perbaikan pada pembangkit listrik serta kabel-kabel," katanya lagi

Dia menambahkan jumlah tunggakan listrik di tiap rayon berbeda-beda, kisarannya mulai dari Rp1,2 miliar hingga Rp2,7 miliar, di mana secara keseluruhan didominasi oleh pelanggan umum.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024