Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua akan menyiapkan dana khusus untuk organisasi gerakan Pramuka dalam  APBD tahun 2020 untuk mendukung program kerja bagi pengurus baru Kwartir cabang Pramuka 2606 periode 2019-2024.

"Saya harapkan pengurus baru Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Biak yang baru dilantik segera menyusun program kerja dan merencanakan kebutuhan anggaran guna membiayai kegiatan Pramuka tahun 2020," kata Bupati Biak Herry Ario Naap saat melantik Ketua Kwarcab Pramuka 2606 Biak Drs Galvein Ap dan kawan-kawan, Sabtu.

Bupati Biak Herry Naap mengharapkan, dengan dukungan dana pembinaan Pramuka maka peran organisasi Pramuka dapat menjadi tempat penumbuhan pendidikan karakter anak di Kabupaten Biak Numfor.

"Saya berharap pengurus Kwarcab Pramuka Biak dapat mensinkronkan program kerja dengan visi misi Bupati Biak, yakni  religius berkarakter dan berbudaya," katanya.

Ia meminta pengurus Kwarcab Pramuka Biak dapat menghidupkan kembali kegiatan Pramuka di berbagai jenjang sekolah. Dengan adanya program Pramuka di sekolah, maka peran organisasi Pramuka kedepan lebih nyata dalam membentuk generasi muda Indonesia yang sehat, cerdas, berkarakter dan berjiwa Pancasila.

"Saya harapkan pengurus Kwarcab Pramuka Biak Numfor yang telah dipercaya sebagai pengurus dapat bekerja dengan ikhlas dalam melaksanakan berbagai program pembinaan generasi muda di Biak," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Provinsi Papua Ning Sri Astuti mengatakan, gerakan Pramuka merupakan gerakan kepanduan nasional yang bertujuan mendidik dan membina kaum muda Indonesia.

"Melalui pendidikan Pramuka diharapkan membentuk berkepribadian anak, berwatak, berakhlak mulia dan menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Ning Astuti.

Ning mengharapkan para pengurus Kwarcab Pramuka 2606 Biak yang telah dilantik dapat meluangkan waktu untuk membina anak-anak dalam wadah gerakan Pramuka di masa depan.

"Adik-adik Pramuka di setiap satuan karya, gugus depan dan sekolah-sekolah yang ada merupakan generasi penerus. Mari kita bimbing mereka untuk membentuk karakter yang jujur, ikhlas dan unggul dalam memimpin masa depan," katanya.

Pengurus Kwarcab Pramuka 2606 yang dilantik Ketua Majelis Pembimbing cabang Pramuka yang juga Bupati Biak Herry Ario Naap diketuai Drs Galvein Ap dibantu para wakil ketua, Sekretaris Bardanuddin Mulyono dan sejumlah bidang Pramuka andalan.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024