Jayapura (ANTARA) - Sejumlah warga yang berdomisili di Kota Jayapura, Provinsi Papua menampilkan 400 pohon natal hasil daur ulang sampah guna mewarnai momentum gerbang Natal Port Numbay yang berlangsung di Taman Imbi, Minggu.

Tak hanya pohon Natal, remaja hingga anak-anak juga menampilkan pakaian hasil olahan beragam sampah plastik di depan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano beserta para forkompimda kota setempat yang hadir pada momentum akbar ini.

Pakaian dari daur ulang sampah itu beragam diantaranya jas, gaung, dan topi. Beragam sampah yang didaur ulang diantaranya kantong plastik, botol plastik dan karung goni.

"Hari ini warga Jayapura memamerkan pohon Natal berbahan daur ulang beragam sampah, dan Kota Jayapura kembali meraih rekor muri daur ulang sampah," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Ketty Kailola.

Menurut Ketty, sampah yang berhasil dikumpulkan oleh warga untuk didaur ulang di bank sampah Kota Jayapura sebanyak lima ton.

Dari lima ton sampah plastik yang dikumpulkan, didaur ulang menjadi pohon natal, dan beragam busana pakaian yang terbuat dari sampah plastik.

Rekor MURI yang diterima terkait tingginya partipasi masyarakat dalam pengolahan sampah plastik di Kota Jayapura.

Kedepan partisipasi masyarakat dalam pengolahan sampah ini dapat ditngkatkan.


Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024