Biak (ANTARA) - Jajaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Supiori mulai 2020 akan menyelenggarakan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) untuk siswa Sekolah Dasar berbasis komputer yang kali pertama di lingkungan pemerintah kabupaten/kota se Provinsi Papua.

"Fasilitas peralatan komputer di berbagai sekolah dasar Kabupaten Supiori sudah disiapkan, ya Dinas Pendidikan akan memulai program UASBN tahun 2020," ujar Kepala Dinas Pendidikan Supiori Rafles Ngilamele M.Si dihubungi dari Biak,Senin.

Rafles mengakui, untuk mendukung kesiapan penyelenggaraan UASBN berbasis komputer di Sekolah Dasar pihak Dinas Pendidikan telah menyiapkan aplikasi program ujian sekolah.

Kesiapan lain dilakukan Dinas Pendidikan, menurut Rafles para siswa di berbagai sekolah dasar dilatih menggunakan komputer.

"Disdik Supiori optimistis penyelenggaraan UASBN berbasis komputer yang pertama di lingkungan SD se Papua dapat terwujud sesuai program pendidikan tahun 2020," harap alumni STPDN Jatinanggor Jawa Barat itu.

Ia mengemukakan, dengan rencana ujian berbasis komputer bagi siswa SD di Kabupaten Supiori dapat didukung para orang tua siswa, dewan guru dan komite sekolah bersangkutan.

Rafles mengakui, karena sistem UASBN berbasis komputer bagi siswa SD di Kabupaten Supiori sebagai program yang baru maka harus disosialsiasikan dengan baik supaya dapat berjalan lancar sesuai kebijakan Pemkab Supiori.

Berdasarka data Dinas Pendidikan Supiori sebanyak 40 Sekolah Dasar tersebar di lima distrik yakni distrik Supiori Timur, Supiori, Barat, Supiori Utara, Supiori Selatan, dan distrik kepulauan Aururi.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024