Jayapura (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) terus meningkatkan kesiapan kelistrikan menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2020.

Ari Dartomo, General Manager UIWP2B di Jayapura, Papua, Selasa, mengatakan peningkatan kesiapan ini dengan melakukan penandatanganan kontrak harga satuan (KHS) terkait pembangunan, rehabilitasi, perbaikan dan penyempurnaan konstruksi jaringan distribusi, gardu distribusi serta kubikel untuk mendukung mutu dan keandalan PON XX di Bumi Cenderawasih.

"Kegiatan tersebut dilakukan di Kantor PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat yang dihadiri oleh lima mitra kerja, yaitu DPD Akli Papua, Aklindo Papua, Pakklindo Papua, Aklindo Timika dan PT. Daya Utama Papua Selatan," katanya.

Menurut Ari, dalam perjanjian tersebut pihak PLN dan mitra kerja akan bekerja sama terkait dengan pekerjaan kelistrikan yang dibutuhkan di Papua, khususnya dalam penyelenggaraan PON 2020.

"Kesepakatan tersebut meliputi kegiatan pekerjaan, proses pembuatan Surat Pesanan Barang/Jasa (SPBJ), spesifikasi teknis pekerjaan hingga pengawasan pekerjaan di lapangan," ujarnya.

Dia menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah untuk menyukseskan kegiatan PON XX yang akan digelar tahun depan, selain itu, kontrak berjangka waktu satu tahun ini dianggap akan mempercepat penyelesaian persiapan PON XX dalam hal kelistrikan.

"Ini adalah salah satu langkah efisiensi waktu dalam mempermudah berbagai tahapan pekerjaan serta pengambilan keputusan yang akan dilakukan untuk kegiatan PON 2020, kesepakatan yang telah dilakukan akan berimbas pada kualitas serta hasil kinerja yang dilakukan di lapangan," katanya lagi.

Dia menambahkan di sisi lain juga diingatkan bahwa selain pekerjaan dilakukan dengan maksimal, keselamatan dan keamanan pekerja di lapangan harus diperhatikan, pasalnya, keselamatan adalah nomor satu dalam kelancaran persiapan kegiatan.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024