Biak (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiagakan 53 personel tim reaksi cepat untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat bila terjadi bencana selama liburan Natal dan tahun baru 2020. 

"Tim reaksi cepat yang kami siagakan merupakan tenaga terlatih dan terampil untuk membantu penanggulangan bencana 24 jam," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Biak Numfor Alfeus Yarangga di Biak, Jumat.

Ia mengatakan status puluhan tenaga tim reaksi cepat BPBD Biak Numfor merupakan tenaga honorer yang bekerja 24 jam secara bergantian jaga.

Alfeus mengharapkan, keberadaan tim reaksi cepat di Biak Numfor sangat membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan penanggulangan bencana kepada masyarakat yang membutuhkan.

Menyinggung dukungan dana untuk membayar honor tenaga tim reaksi cepat BPBD, menurut Alfeus, telah diusulkan melalui Komisi 1 DPRD Biak Numfor pada tahun 2020 pihak BPBD umfor sangat membutuhkan dukungan dana sebesar Rp204 juta.

"Penambahan dana untuk BPBD pada 2020 sangat dibutuhkan untuk membayar tenaga honorer terlatih dari tim reaksi cepat penanggulangan bencana daerah,"ungkapnya.

Alfeus berharap, usulan penambahan dana bisa terealisasi pada tahun anggaran 2020 sehingga bisa membayar hak honor anggota tim reaksi cepat BPBD.

Pantauan Antara, Jumat, sejumlah petugas tim reaksi cepat dari personel pemadam kebakaran tampak bersiaga di waktu liburan Natal dan Tahun Baru di sekretariat BPBD jalan Majapahit distrik Samofa.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024