Wamena (ANTARA) - Gubernur Papua Lukas Enembe minta anggota DPRD Kabupaten Jayawijaya yang baru dilantik  perhatikant hal menjadi pegangan sebagai wakil rakyat.

Gubernur Lukas Enembe dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua pada pengambilan sumpah/janji jabatan anggota DPRD di Gedung DPRD Jayawijaya, Kamis, mengharapkan tiga  hal prinsip harus menjadi perhatian wakil rakyat yakni bekerja secara cerdas, jujur dan bertanggungjawab.

"Karena sejumlah harapan rakyat berada di pundak saudara-saudari, walaupun saudara-saudari berasal dari berbagai unsur partai politik yang berbeda tetapi ketika masuk dalam kesatuan anggota DPRD maka kita harus bekerja untuk seluruh rakyat di Jayawijaya," katanya.

Pesan ke dua Lukas Enembe adalah mengharapkan anggota dewan yang baru dilantik agar cepat, tanggap serta responsif dalam membangun kemitraan dan koordinasi dengan masyarakat maupun pemerintah agar pelayanan berjalan baik.

"Mohon dihindari perbedaan-perbedaan yang tidak menguntungkan rakyat dan daerah yang dapat merugikan kita semua. Selaku anggota dewan mari kita tertibkan langkah dan tekad untuk memajukan rakyat Jayawijaya," katanya.

Wakil rakyat di Jayawijaya diharapkan mampu membawa aspirasi rakyat sebaik-baiknya sesuai ketentuan guna mewujudkan perlindungan hak rakyat untuk pembangunan kesejahteraan rakyat.

Ketua Sementara DPRD Jayawijaya Matias Tabuni mengatakan DPRD baru harus mampu bercitra dalam gerak kerja yang serasi serta padu dengan kepala daerah dan jajaran untuk mewujudkan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan dalam koridor otonomi daerah dan NKRI.

Matias mengharapkan masyarakat mendukung anggota DPRD dengan membicarakan permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat.

"Anggota DPRD adalah utusan dari partai politik yang berbeda tetapi satu dalam tujuan yaitu menjembatani aspirasi masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan yang terhimpun dalam lembaga legislatif daerah," katanya.

DPRD mengapresiasi masyarakat Jayawijaya dan aparat keamanan yang mewujudkan keamanan dan kenyamanan sejak pemilihan hingga pelantikan.

"Kami sampaikan terimakasih kepada anggota DPRD yang lama. Dengan berakhirnya masa bakti hari ini, bukan berarti berakhir pula pengabdian saudara-saudari telah selesai sebab kami sangat mengharapkan partisipasinya dalam mengisi pembangunan di Jayawijaya," katanya.

Dari jumlah keseluruhan anggota DPRD terbaru sebanyak 30 orang, 21 diantaranya merupakan wajah baru dan sembilan merupakan wajah lama.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024