Jayapura (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) aparat teritorial (Apter) BKO Kodim dan Koramil di Kodam XVII/Cenderawasih dibekali dengan pemahaman situasi dan kondisi tentang Provinsi Papua.

Pembekalan kepada Satgas Apter ini dibuka oleh Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan mewakili Pangdam Mayjen TNI Herman Asaribab di Aula Serbaguna Rindam XVII/Cenderawasih, Ifar Gunung, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat.

"Saat ini kita sedang dihadapkan pada tantangan tugas TNI AD ke depan yang semakin Kompleks, khususnya di Kodam XVII/Cenderawasih yang akan dibentuk 13 Kodim persiapan," kata Brigjen TNI Irham dalam sambutannya.

Untuk memenuhi personel dan kebutuhan tugas, kata dia, maka Kodam XVII/Cenderawasih menerima Satgas Apter untuk satuan Kodim dan Koramil persiapan tersebut.

"Pembekalan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang situasi dan kondisi wilayah Papua secara menyeluruh, dari geografis sampai dengan kondisi sosial masyarakat di Papua, agar nantinya anggota Satgas Apter dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan di Papua ini," katanya.

Pada momentum itu, Kasdam juga menekankan kepada para anggota Satgas Apter agar selalu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, selalu menjaga citra baik TNI di mata masyarakat dan selalu memperhatikan faktor keamanan dalam pelaksanaan tugasnya.

"Termasuk, selalu laksanakan pendekatan dengan hati kepada masyarakat melalui pendekatan agama, budaya dan kesetaraan dengan tetap memperhatikan kearifan lokal masyarakat setempat,” katanya.

Pembekalan ini akan berlangsung selama 14 hari mulai Rabu (22/01) sampai dengan Minggu, 9 Februari 2020.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024