Jayapura (ANTARA) - Harga telur ayam di Pasar Youtefa, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Rabu mencapai Rp57 ribu/rak.

Hajja Yanti, salah satu pedagang telur yang ditemui mengaku harga tersebut untuk telur ayam ukuran kecil.

"Yang ukuran besar Rp65 ribu/rak," katanya.

Menurut dia, telur ayam yang dijualnya itu merupakan pasokan dari Surabaya, Jawa Timur, sementara pasokan lokal dari sentra pertanian di Koya, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura dan Arso, Kabupaten Keerom beberapa waktu terakhir belum masuk.

"Saya hanya menjual telur ayam pasola dari Surabaya," tambahnya

Disinggung soal harga telur asin, wanita paruh baya berhijab ini menyebut cukup mahal, Rp95 ribu/rak.

"Kalau telur asin memang cukup mahal, karena didatangkan dari luar Papua, lalu permintaannya cukup banyak karena beberapa hari lalu dipengaruhi oleh perayaan Imlek, banyak pemesananya," kata Yanti.

Sementara itu, Rustam sesama penjual telur menyampaikan bahwa harga telur ayam pasokan Surabaya sempat melonjak harganya pada kisaran Rp3 ribu/rak tiap ukuran telurnya.

"Waktu Desember 2019, harga telur ayam ukuran kecil Rp60 ribu/rak, sedangkan yang ukuran besar mencapai Rp70 ribu/rak, tapi kini sudah turun Rp3 ribu/rak," lanjutnya.

Pantauan di Pasar Youtefa ketersediaan telur ayam pasokan Surabaya, Jawa Timur cukup melimpah, karena rata-rata penjual menjajakannya cukup banyak.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024