Jayapura (ANTARA) - Purwanto (40), warga Kampung Sota, Kabupaten Merauke, mengapresiasi sikap cepat tanggap atau respon dari prajurit TNI Yonif MR 411/PDW Kostrad yang menggagalkan dan menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor di Jalan Poros Trans Papua, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Selasa siang.

"Terima kasih banyak bapak-bapak TNI dari Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad yang telah menangkap pencuri motor saya," dalam keterangan tertulis yang diterima  di Kota Jayapura, Selasa malam.

Menurut dia, sepeda motornya merek Yamaha X-Ride hilang di Kampung Sota, kemudian peristiwa itu dilaporkan kepada aparat keamanan, termasuk kepada prajurit TNI AD yang bertugas sebagai Satgas Pamtas RI-PNG yakni Yonif MR 411/PDW Kostrad.

"Tak berapa lama setelah motor saya hilang dan laporkan kepada aparat TNI dan Polri, pelaku dan motor saya langsung ditemukan," kata Purwanto.

Satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Barki, berhasil menangkap pelaku pencurian dengan inisial DW (35) beserta barang bukti satu unit motor Yamaha X-Ride.

"Dalam penangkapan pelaku curanmor berawal dari laporan warga Kampung Sota, di Pos Kout yang menyampaikan bahwa sepeda motornya telah dicuri dan dibawa kabur pelaku melalui jalan poros Trans Papua," kata Danki Satgas Lettu Inf Lukman Nurhuda.

Mendengar dan menerima hal tersebut, kata dia, sejumlah pos Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, yang berada dijalur Trans Papua segera melaksanakan pemeriksaan kendaraan yang melintas.

"Pemeriksaan kendaraan yang dilaksanakan pun membuahkan hasil, yakni kami dari Pos Barki berhasil menghentikan satu orang terduga pelaku curanmor, sesuai dengan ciri-ciri yang telah diberikan," ungkapnya.

Saat pemeriksaan, kata dia, ditemukan satu orang pengendara sepeda motor dengan gerak-gerik yang mencurigakan serta sesuai dengan ciri-ciri yang telah diinformasikan.

"Personel Pos Barki langsung membawanya ke dalam pos untuk diperiksa dan dimintai keterangan. Setelah dilakukan interogasi, terbukti bahwa pengendara berinisial DW (35 thn) tanpa identitas, mengaku warga Merauke adalah pelaku pencurian sepeda motor jenis Yamaha X-Ride warna hitam milik warga Kampung Sota yang dinyatakan hilang," katanya.

Kemudian, pelaku dan barang bukti diserahkan kepada Polsek Sota untuk diproses hukum lebih lanjut.

Wakapolsek Sota, Ipda I Wayan Sudarsana yang menerima pelaku dan barang bukti juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad khususnya personel Pos Barki, yang telah menggagalkan aksi pencurian sepeda motor yang dibawa kabur dalam pemeriksaan yang dilaksanakan.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024