Jayapura (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura Papua menyediakan pelayanan penyambungan gratis bagi 500 pelanggan baru yang merupakan masyarakat berpenghasilan rendah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-110 Kota Jayapura pada 2020.

Direktur Umum PDAM Jayapura Entis Sutisna kepada ANTARA di Jayapura Senin mengatakan hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk partisipasi karena pihaknya merupakan salah satu perusahaan daerah milik Pemerintah Kota Jayapura.

"Biasanya penyambungan baru secara reguler dikenai biaya sebesar Rp1.650.000 dan untuk kali ini kami tidak mengenakan biaya apapun, masyarakat hanya wajib menyediakan fotokopi kartu keluarga (KK), KTP dan menghubungi kantor cabang atau unit pelayanan terdekat," katanya.

Menurut Entis, sedangkan kuota sebanyak 500 tersebut terbagi atas 125 sambungan rumah (SR) untuk Distrik Jayapura Utara, 125 SR untuk Distrik Jayapura Selatan, 125 SR untuk Distrik Abepura dan 125 SR untuk Distrik Heram (Waena).

"Syarat utama dalam penyambungan gratis ini adalah pada wilayah tersebut sudah ada pipa distribusinya yakni saluran yang akan dihubungkan ke rumah pelanggan," ujarnya.

Dia menjelaskan selain itu, jarak pipa distribusi PDAM harus maksimal 12 meter dan biasanya di atas dua inchi besarnya, hal tersebut harus ada baru kemudian bisa dilakukan penyambungan ke rumah pelanggan.

"Dengan demikian kami harapkan melalui program 500 sambungan gratis ini, bisa membantu masyarakat secara ekonomi meringankan beban biaya yang diakibatkan keinginan untuk berlangganan PDAM," katanya lagi.

Dia menambahkan tidak hanya itu, pihaknya juga mengharapkan dengan adanya 500 sambungan gratis ini dapat meningkatkan cakupan pelayanan PDAM bagi masyarakat dalam memperoleh layanan air bersih.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024