Palangka Raya (ANTARA) - Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Rikwanto yang kini mendapatkan promosi menjadi Kapolda Maluku Utara menyebutkan, masyarakat di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai ini sangat Pancasila.

"Semua orang yang datang diterima, menjadi sahabat dan berlapang dada, sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara sangat baik di provinsi ini," katanya usai prosesi serah terima jabatan di Markas Polda Kalteng di Palangka Raya, Senin.

Rikwanto mengaku sama sekali tidak mendapatkan kendala selama bertugas di provinsi ini. Masyarakat dan seluruh jajaran Polda Kalteng menerimanya dengan baik dan mendukung dalam pelaksanaan tugas.

Dirinya tidak pernah membeda-bedakan suku, agama, ras dan antar golongan. Begitu pula masyarakat, tidak pernah pula membeda-bedakan perlakuan terhadap dirinya.

Keharmonisan yang terjaga selama ini membuat masyarakat di daerah ini tidak mudah terprovokasi dengan berbagai hal-hal yang dapat memecah belah ketenteraman masyarakat.

"Tingkat kriminalitas di Kalteng cukup rendah. Dengan kepindahan saya ini, saya mendoakan semoga Polda Kalteng juga lebih bersinar lagi dan lebih jaya lagi," katanya.

Jenderal berpangkat bintang satu itu menyampaikan kepada Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Indro Wiyono agar meneruskan dan meningkatkan komunikasi ke lingkungan serta masyarakat untuk menciptakan situasi lebih kondusif lagi, terutama menghadapi pemilihan kepala daerah 23 September 2020 mendatang.

"Pesan saya kepada Wakapolda baru agar meningkatkan komunikasi yang telah dibangun dengan baik saat ini, agar lebih baik lagi kedepannya," tuturnya.

Di lokasi yang sama Brigjen Pol Indro Wiyono menegaskan, dirinya akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan pejabat lama untuk mencapai visi misi Polda Kalteng.

"Tentunya tugas kami adalah membantu tugas bapak Kapolda. Kedepan rekan-rekan media di harapkan tidak segan-segan menginformasikan dan kerjasama secara kompak seperti yang sudah dijalin oleh pak Rikwanto," tegas dia.

Usai melaksanakan serah terima jabatan, seluruh pejabat utama menengah serta polres-polres jajaran juga turut hadir dan mengikuti rangkaian prosesi perpisahan Rikwanto di Markas Polda Kalteng.

Kegiatan dilanjutkan dengan pisah sambut yang dilaksanakan di salah satu hotel berbintang di Kota Palangka Raya. Semua rangkaian kegiatan tersebut berjalan lancar hingga selesai.

Pewarta : Kasriadi/Adi Wibowo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024