Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memimpin serah terima jabatan (sertijab) Direktur Intelijen Keamanan (Dir Intelkam) dari Kombes Pol Patrige Rudolf Renwarin kepada Kombes Pol Alfred Papare di Aula Rasta Samara, Mapolda, Kota Jayapura, Papua, Selasa.

Serah terima itu dilaksanakan sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/385/II/KEP/2020 tanggal 3 Februari 2020 dimana, Kombes Pol Patrige Rudolf Renwarin menduduki jabatan baru sebagai Irwasda Polda Papua menggantikan Kombes Mulyadi Kaharni yang menjabat sebagai Irwasda Polda Banten.

Sementara, Kombes Pol Alfred Papare sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Provos Divpropam Polri. Alfred Papare bukanlah orang baru di Polda Papua karena pernah menjabat sebagai Wadir Intelkam dan Kabidkum.

Kapolda Papua dalam sambutannya mengatakan,serah terima jabatan di lingkungan Polri merupakan hal yang biasa dengan tujuan untuk menjamin dinamika manajemen organisasi, sekaligus dalam rangka promosi bagi pejabat yang bersangkutan guna meniti karir di lingkungan Polri.

Hingga dengan demikian, diharapkan diperoleh kemantapan, pengalaman jabatan yang beragam, dan selanjutnya mampu menyongsong tantangan tugas di masa mendatang yang mana tren perkembangan situasi kamtibmas semakin meningkat.

"Saya atas nama pimpinan Polda Papua beserta seluruh staf dan Bhayangkari mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pejabat lama Kombes Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin, yang akan melaksanakan tugas promosi jabatan sebagai Irwasda Polda Papua," katanya.

"Semoga diberikan kelancaran dan kemudahan dalam meniti karier ke depan serta mengemban amanah yang telah diberikan oleh pimpinan, terima kasih atas pengabdian dedikasi dan loyalitas dalam melaksanakan tugas sebagai Direktur Intelkam yang telah sukses mendukung pengamanan pilpres dan pemilukada serentak tahun 2019 serta hiruk pikuk penanganan unjuk rasa anarkis," katanya lagi.


Kepada pejabat yang baru Kombes Pol Alfred Papare, mantan Kapolda Papua Barat dan Sumut itu menyampaikan selamat atas kepercayaan pimpinan Polri dan promosi untuk menduduki jabatan baru.

"Tugas fungsi intelijen bukan hal yang baru lagi bagi saudara Kombes Pol Alfred, ditambah dengan bekal pendidikan yang baru diperoleh sehingga sebagai pimpinan tertinggi fungsi intelijen di Polda haruslah update, tidak out of date terhadap semua aspek-aspek kehidupan masyarakat, bangsa dan negara," pintanya.

Oleh karena itu, jenderal bintang dua Polri itu berharap, Kombes Pol Alfred segera bergerak cepat melakukan anev di lingkungan fungsi intelijen.

"Segera anev dan selanjutnya buat action plan untuk menghadapi berbagai agenda nasional di Papua dan kalender kamtibmas yang akan kita hadapi dalam waktu dekat ini yakni pilkada serentak di 11 kabupaten, PON dan Pesparawi di Mimika," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024