Kota Jayapura (ANTARA) - Bawaslu Kota Jayapura menghimpun gagasan pembangunan demokrasi melalui pelaksanaan lomba menulis opini yang diperuntukkan untuk pelajar dan masyarakat umum.

Komisioner Bawaslu Kota Jayapura Hardin Halidin yang mengkoordinir divisi pengawasan, hubungan masyarakat dan lembaga di Jayapura, Rabu sore mengatakan lomba menulis opini itu dalam dalam rangka memperingati HUT Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia yang ke-12, pada 9 April 2020.

"Bawaslu Kota Jayapura mengadakan lomba menulis opini. Lomba ini dimaksudkan untuk mendapatkan gagasan dan masukan dari kalangan masyarakat secara umum untuk mengembangkan demokrasi di Papua, dan khususnya di Kota Jayapura," katanya.

Gagasan itu nantinya, kata dia, akan menjadi pilihan untuk semua stake holder dalam mengembangkan demokrasi di Kota Jayapura.

Selain itu, lomba ini juga dimaksudkan untuk memperbanyak literasi demokrasi yang kontekstual.

"Tidak banyak catatan pelaksanaan dan atau gagasan pembangunan demokrasi yang didasarkan atas pengalaman kontekstual di Kota Jayapura. Selama ini publik Kota Jayapura hanya disuguhi literasi di bidang politik dan demokrasi yang bersifat nasional," katanya.

Dengan lomba menulis opini, lanjut dia, bisa menumbuhkan penulis-penulis handal di Kota Jayapura yang juga menjadi tujuan lain dari pelaksanaan lomba menulis ini.

"Sekaligus menjadi ruang untuk menyalurkan ide, pendapat dan inisiatif masyarakat, mahasiswa dan juga pelajar dalam mengembangkan demokrasi di Kota Jayapura," katanya.

Terdapat tiga pilihan tema opini yang dapat dijadikan acuan oleh peserta lomba untuk menuangkan gagasannya.

Pertama, menggagas pembangunan demokrasi di Kota Jayapura. Tema kedua, pemilih pemula dan pembangunan demokrasi di Kota Jayapura. Dan Ketiga, merangkul kelompok marginal, menguatkan partisipasi politik.

"Tujuan pelaksanaan lomba dan pilihan tema penulisan opini juga didasarkan pada pemenuhan salah satu misi pemerintah Kota Jayapura, yakni penegakkan supremasi hukum dan peningkatan kualitas demokrasi di Kota Jayapura," katanya.

Untuk menyukseskan pelaksanaan lomba ini, Bawaslu Kota Jayapura telah menyiapkan empat dewan juri yang berasal dari eksternal Bawaslu.

"Keempatnya berlatar belakang akademisi, jurnalis dan pegiat literasi di Kota Jayapura. Sedangkan satu juri lainnya diambil dari Bawaslu Kota Jayapura selaku penyelenggara lomba," katanya

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024