Jayapura (ANTARA) - Binmas Noken Polri menggandeng Binmas Polres Mimika dan prajurit Babinsa Koramil Timika Baru  menggelar program Polisi Pi Ajar di Lembaga Pengembangan Anak-anak Terlantar dan Putus Sekolah (LPATP), gorong-gorong Kampung Pisang, Kabupaten Mimika, Papua, Minggu siang sekitar pukul 13.00 WIT.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal di Kota Jayapura, Minggu malam mengatan, sebelum kegiatan mengajar anak putus sekolah digelar  dilaksanakan pertemuan di ruang pelayanan Mapolres Mimika guna menyusun konsep acara.

"Pertemuan di Polres Mimika untuk membahas tentang kegiatan yang akan dilakukan pada program Binmas Noken Polri dan hal-hal lainnya. Hadir dalam pertemuan tersebut adalah dari Binmas Noken Polri AKBP Sofyan Budiono, Iptu Paulus RR, Aiptu Bambang Triyatwoko, Bripka Sam Saiba, Bripka AA Raka W,  Brigpol Juanda Silalahi, Brigpol Ipung Wibowo dan  Briptu Marinus Atatu," kata Kabid Humas Kombes AM Kamal dalam keterangan tertulis.

Sementara personel dari Babinsa Koramil Timika Baru yang ikut melaksanakan program Binmas Noken Polisi  Pi ajar diantaranya  Pelda Mustajib, Sertu Deny, Sertu Joko dan Serda Wali.

Setelah pertemuan selesai, tim langsung menuju ke LPATP, di gorong-gorong Kampung Pisang. Dimana, kedatangan tim disambut lagu selamat datang oleh anak-anak yang dipimpin Kelli Rumaropen selaku bendahara yayasan bersama anak-anak yang berjumlah sekitar 50 orang. 

"Acara dimulai dengan doa yang dipandu oleh Bripka Sam Saiba, dilanjutkan bernyanyi bersama. Para tim Polisi Pi Ajar yakni Aiptu Bambang Triyatwoko, Bripka Sam Saiba, Briptu Marinus Atatu bersama Babinsa bergantian memberikan pengetahuan tentang agama, ragam suku bangsa yang ada di Papua dan Indonesia, kepulauan Indonesia, dan wawasan kebangsaan, serta cita-cita dari anak-anak tersebut," katanya.

Sementara, Brigpol Juanda Silalahi bercerita kepada anak-anak tentang kisah dari Kitab Suci Alkitab yakni tentang Zadrakh, Mesakh, dan Abednego serta tanya jawab. 

"Anak-anak sangat senang dan antusias menjawab pertanyaan Bripka Juanda Silalahi. Tim Polisi Pi Ajar juga mengulangi kembali wawasan kebangsaan dan pengetahuan umum yang telah diberikan," katanya.

Disesi terakhir, AKBP Sofyan Budiono memberikan tali asih kepada Ibu Selviana Ronsumbre, selaku Ketua LPATP dan dilanjutkan dengan Tim Polisi Pi Ajar membagikan bingkisan untuk anak-anak.

Kelli Rumaropen selaku bendahara yayasan menyampaikan terima kasih kepada Polres Mimika dan Binmas Noken Polri serta Babinsa Koramil Timika Baru yang telah memberikan wawasan kepada anak yang ada di LPATP. 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024