Jayapura (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengusulkan kepada  Kementerian Kesehatan dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) empat kabupaten berstatus pra bebas malaria.

Kepala Seksi TB dan Malaria Dinkes Papua, Marthen Robaha di Jayapura, Selasa, mengatakan empat kabupaten pra bebas malaria di antaranya Kabupaten Biak Numfor, Lanny Jaya, Supiori, dan Kabupaten Jayawijaya.

"Empat kabupaten ini masih pra bebas malaria, sementara diusulkan World Health Organization (WHO) untuk dinyatakan bebas malaria atau tidak,"ujarnya.

Ia mengatakan,Dinas Kesehatan Papua hingga kini belum mendapat hasil dari WHO apakah empat kabupaten itu bebas dari malaria atau tidak.

Sementara itu, Pelaksana tugas Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aloysius Giyai menyebutkan ada dua kabupaten yang boleh dikatakan bebas dari malaria.

Lanjut dia, dua kabupaten tersebut yakni Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Lanny Jaya.

Kabupaten Biak Numfor, menurut Aloysius, tidak ada malaria karena intervensi program. Sementara, Kabupaten Lanny Jaya tidak ada malaria karena secara alami daerah tropis.

Meski demikian, tambah dia, Dinas Kesehatan Papua tidak bisa mengklaim dua kabupaten itu sudah bebas dari malaria karena WHO yang bisa menentukan suatu daerah bebas dari malaria atau tidak dengan persyaratan tertentu.

"Apakah persyaratan empat Kabupaten di Papua telah memenuhi kriteria bebas malaria merupakan ketetapan WHO,"ungkap Aloysius Giyai

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024