Jayapura (ANTARA) - Guna turut membantu upaya pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus Corona,

Warga Jalan Cendana Perumahan Organda, Padang Bulan, Kota Jayapura, Papua, membuat alat penyemprotan disinfektan dari bekas kereta dorong bayi yang digerakkan dari tenaga surya yang mirip robot untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Inisiator pembuat alat penyemprot disinfektan kereta bayi, Adrian Zamaksari di Jayapura, Senin, mengatakan penyediaan tempat  alat penyemprot yang digerakkan tenaga surya ini dirangkai dari bahan limbah bekas pakai.

"Kita pakai kereta dorong bayi bekas, dengan panel Surya yang dimodifikasi dengan rangkaian pengalih arus inverter dengan penyemprot dari stik semprot yang biasa dipakai untuk cuci kendaraan," kata Adrian Zamaksari.

Di menjelaskan, kebetulan bahan yang digunakan itu ada dirumah, yaitu solar sel digabungkan dengan alat cucian motor dimanfaatkan untuk penyemprotan disinfektan.

Bahan pertama yang digunakan yaitu bekas kereta bayi kemudian ditaruh perangkat solar sel ditambah dengan mesin penyemprot air yang diisolasi, kemudian cairan disinfektan diisi didalm galon berukuran kecil lalu ditaruh diatas bekas kereta bayi lalu dipasang selang yang ujungnya dipasang alat untuk meyemprot motor.

"Jadi dimodifikasi airnya itu diambil atau disemprot dengan mengunakan tenaga surya dari solar sel yang dipencet lalu keluar melalui selang yang dipasang ke galon," ujarnya.

Alat penyemprot ini didorong oleh dua tenaga manusia, yang satu mendorong kemudian yang satunya menyemprot.

Menurut dia, mesin penyemprot yang mirip setengah robot ini diberi nama Rocovid. Keunggulan dari rangkaian alat penyemprot Rocovid ini bisa menjangkau gang-gang kecil di perumahan warga.

Ia menambahkan, alat penyemprot itu baru dikerjakan selama sehari pada Minggu (29/3) dan baru bisa dioperasikan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di perumahan warga di Organda pada hari ini, Senin (30/3).

"Saya berharap warga semua patuh pada anjuran pemerintah untuk berada dan beraktifitas dari rumah. Hal ini demi kebaikan dan kesehatan bersama" ujar Adrian yang juga anggota Kepolisian  dibagian Ops Polres Jayapura ini.


Pewarta : Musa Abubar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024