Jayapura (ANTARA) - Tim kesehatan dari Puskesmas Demta, Kabupaten Jayapura, Papua didampingi Bhabinkamtibmas Brigpol Thomas Yakore mewakili kapolsek setempat melakukan pemeriksaan terhadap dua warga yang dilaporkan masuk kategori orang dalam pengawasan (ODP) karena dikabarkan baru tiba dari Surabaya, Jawa Timur.

Kapolsek Demta Ipda Warsito ketika dihubungi dari Jayapura, Selasa, mengatakan pemeriksaan terhadap dua warga itu dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah mewabahnya virus corona penyebab COVID-19 di daerah tersebut. Pemeriksaan terhadap dua ODP dilakukan pada Senin (30/3).

Warsito menjelaskan, menindaklanjuti laporan warga bahwa adanya ODP maka untuk mengantisipasi dan pencegahan wabah corona di Distrik Demta tim kesehatan dari Puskesmas Demta Mantri Andre dan Suster Linda bergerak cepat ke Kampumg Muris Kecil yakni lokasi dimana dua orang tersebut berada.

Informasi yang diperoleh dua warga Kampung Muris Kecil ini dilaporkan baru tiba dari Surabaya, Jawa Timur. "Sebelum ke tempat pemeriksaan, tim melakukan koordinasi di Mapolsek Demta, selanjutnya berangkat menuju rumah kediaman dua warga yang masuk ODP di Kampung Muris kecil," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan tim, suhu badan keduanya normal 36,4 C, namun keduanya disarankan agar sementara waktu tetap tinggal di rumah saja, melakukan pola hidup sehat, tidak mengikuti atau mengadakan kegiatan sosial.

Selanjutnya, wajib mengikuti prosedur pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus corona. Kalau ada keluhan yang menyangkut kesehatan segera menghubungi pihak Puskesmas Demta.

Dia menambahkan, kedua warga tersebut dilaporkan sudah berada di Kampung Muris Kecil sejak 21 Maret 2020, keduanya datang dari Surabaya, Jawa Timur.

"Dua warga ini mereka kuliah di sana namun baru dilaporkan keberadaannya ada di Kampung Muris Kecil pada hari Minggu (29/3) malam," tambah dia.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024