Sentani, Jayapura (ANTARA) - Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, gencar melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan membagikan masker gratis kepada warga setempat untuk mencegah merebaknya virus Corona (COVID-19).

Kepala distrik Nimboran, Marzuki Ambo ketika dikonfirmasi dari Sentani, Jumat, mengatakan hal itu dilakukan sebagai upaya pemerintahan distrik dalam mencegah masuknya virus  Covid-19 hingga  di tingkat kampung.

"Selain melakukan penyemprotan, kami juga melakukan pembagian masker secara gratis kepada warga," kata Marzuki Ambo.

Dia mengatakan, upaya pencegahan masuknya virus  corona ini telah  dilakukan  pemerintah hingga tingkat kampung di bawah koordinir kepala kampung di masing masing kampung. 

Mengenai kegiatan pencegahan yang dilakukan, katanya, juga sudah didukung dengan alokasi dana desa sebesar Rp100 juta dari Pemerintah Kabupaten Jayapura

Dimana, lanjut dia, alokasi anggaran itu diberikan kepada pihak kampung melalui uang tunai senilai Rp68 juta lebih dan dalam bentuk barang senilai Rp31 juta.

Marzuki mengatakan, barang yang disalurkan ke masing-masing kampung itu  berupa sabun cuci tangan dan masker kain.

"Untuk barang, kami di pemerintahan distrik terima lalu selanjutnya dibagikan ke setiap kampung," ujarnya.

Selain itu, kata dia, ditingkat kampung dan kelurahan  distrik itu juga menyediakan bahan makanan seperti beras untuk diserahkan kepada keluarga terkena dampak pembatasan sosial akibat penyebaran virus yang mematikan ini. 

Ia menambahkan, di Distrik Nimboran terdapat 13 kampung dan satu kelurahan. Masing-masing kampung dan kelurahan ini sudah memulai kegiatan pencegahan  penyebaran Covid-19, baik melalui sosialisasi maupun pembagian masker dan juga melakukan penyemprotan disinfektan.

 

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024