Magelang (ANTARA) - Pemuda Muhammadiyah Kota Magelang, Jawa Tengah ikut mengampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat setempat dalam beraktivitas di luar rumah guna mencegah penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

Ketua Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah Kota Magelang Wasi’un dalam keterangan tertulis diterima di Magelang, Minggu, mengatakan kebiasaan pemakaian masker sebagai salah satu langkah positif untuk mencegah penularan virus yang berbahaya itu.

"Kewaspadaan perlu tetap dijaga terutama ketika berada di luar rumah," ujarnya.

Keterlibatan Pemuda Muhammadiyah Kota Magelang dalam kampanye penggunaan masker dilakukan sejumlah kader organisasi kepemudaan itu dengan melakukan pembagian masker kain kepada berbagai kalangan warga setempat yang sedang beraktivitas di luar rumah.

Sekitar 500 masker mereka bagikan antara lain kepada para pengemudi angkutan kota, tukang becak, dan pengguna jalan lainnya pada Sabtu (2/5) siang di sejumlah kawasan, seperti Jalan Tidar, Jalan Tentara Pelajar, dan Jalan Pahlawan Kota Magelang.

Kegiatan itu juga dalam rangkaian Milad Ke-88 Pemuda Muhammadiyah yang tahun ini bertema "Meneguhkan solidaritas, menebar kebaikan, mencerahkan semesta". Organisasi kepemudaan itu berdiri pada 2 Mei 1932.

“Sekecil apapun kebaikan yang dilakukan semoga mampu memberi manfaat dan menghadirkan solusi,” katanya.

Ia juga mengemukakan pentingnya masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang telah dikeluarkan pemerintah dalam kaitan dengan penanganan dan pencegahan penularan virus corona.

Setiap orang, kata dia, sudah seharusnya memiliki masker, bahkan untuk masker yang berbahan kain disarankan satu orang memiliki lebih dari satu masker.

"Agar bisa dipakai secara bergantian saat dicuci," kata dia.

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024