Jayapura (ANTARA) - Patroli gabungan dari Tim URC Polres Asmat dan personel Kodim persiapan Asmat digelar untuk mengimbau warga mentaati seluruh ketentuan dan himbauan dalam upaya penanggulangan penyebaran virus corona atau COVID-19.

Kasat Samapta Polres Asmat AKP Sukariyadi mengatakan patroli tersebut dilaksanakan dengan rute Jalan Yos Sudarso Agats, Jalan Hasanuddin, Kompleks Ewer Kecil, Kompleks Pasar lama, dan Jalan Bintang Laut.

"Kemudian ke Jalan Dendew, Jalan Aorakat, Kampung Kaye, Rumah Sakit Baru, Jalan Zegward, Jalan Nusantara, Jalan Dolog, Jalan Yos Sudarso dan Pelabuhan Baru Agats," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jayapura, Minggu.

Namun sebelum melaksanakan patroli, AKP Sukriyadi mengaku memimpin apel gabungan guna memberikan arahan kepada anggota.

"Dalam apel tersebut, saya memberitahukan tata cara patroli dan bertindak terhadap warga, terutama ada informasi dari Dinas Perhubungan bahwa di pelabuhan fery Agats ada warga yang baru datang dari Timika," katanya.

Patroli gabungan kemudian diarahkan ke sana untuk mengecek informasi yang diterima dan menyampaikan soal imbauan pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus corona.

"Selama patroli kita himbau masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah dan tidak boleh panik, begitu juga bagi para pedagang harus mematuhi aturan yang ada dari pemerintah," katanya.

Sukariyadi juga meminta masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah, seperti kurangi aktivitas yang tidak mendesak, gunakan masker jika ke luar rumah dan tidak lupa selalu cuci tangan usai beraktivitas.

"Himbauan yang kami sampaikan setiap hari yaitu gunakan masker, hindari kerumunan dan berkelompok karena kita tidak tahu ada yang bawa virus atau tidak. Tetap wajib mencuci tangan dan bagi kios yang belum miliki tempat cuci tangan tolong segera sediakan," katanya.

"Bagi masyarakat, jangan bepergian jauh terkecuali ada hal mendesak, setelah bepergian jauh dan kembali ke rumah segaralah mandi. Bila ada orang yang baru datang ke Asmat segera dilaporkan kepada Tim Gugus Tugas penanganan COVID-19 sehingga bisa di periksa," katanya.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024